PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN AKTIVITAS WIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Main Article Content

Ahmad Tri Atmaja
Margunani Margunani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pendidikan kewirausahaan dan aktivitas wirausaha berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Negeri Semarang baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa ketua PKM-K tahun pendanaan 2015 yang berjumlah 67 mahasiswa dan teknik sampling menggunakan sampel jenuh yang berjumlah 67 mahasiswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan kewirausahaan dan aktivitas wirausaha berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Negeri Semarang (62,3%). Pengaruh secara parsial juga didapatkan pada tiap variabel bebas terhadap variabel terikat. Pada pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa (14,98%). Sedangkan aktivitas wirausaha berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa (36,12%). Saran yang diberikan untuk dapat memaksimalkan minat berwirausaha mahasiswa diantaranya adalah pendidikan kewirausahaan bisa dimasukkan pada kurikulum wajib dalam perkuliahan di Universitas Negeri Semarang. Sehingga pengetahuan akan kewirausahaan menjadi lebih berkembang dan timbul minat untuk menjadi wirausahawan.


 


This study aims to determine to what extent the entrepreneurship education and entrepreneurial activity affect the interest in entrepreneurship of Semarang State University’s students either simultaneously or partially. The population in this study is the chairman of the PKM-K student in funding year 2015 with the total of 67 students. Sampling techniques used is saturated sampling with the total of 67 students. This study uses a questionnaire as a tool of data collection. Methods of data collection using questionnaires and documentation. The collected data are then analyzed by descriptive statistical analysis and multiple regression analysis. The results show that entrepreneurship education and entrepreneurial activity influence simultaneously to the interest in entrepreneurship of Semarang State University’s students (62.3%). Partial effect is also obtained on each independent variable to the dependent variable. On entrepreneurship education, it influences students’ interest in entrepreneurship (14.98%). While the entrepreneurial activity affects the student interest in entrepreneurship (36.12%). Based on the above results, it can be concluded that entrepreneurship education and entrepreneurial activity influence simultaneously and partially to the interest in entrepreneurship of Semarang State University’s students. Advice given to maximize the interest in entrepreneurship of students; entrepreneurship education could be included in the compulsory curriculum in lectures at Semarang State University. Therefore, entrepreneurship knowledge will be more developed and it will procure interest to be an entrepreneur.

Article Details

How to Cite
Atmaja, A., & Margunani, M. (2017). PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN AKTIVITAS WIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 774. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/13578
Section
Articles