PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN
Main Article Content
Abstract
Pendidikan berintikan interaksi pendidik dengan peserta didik dalam upaya membantu peserta didik menguasai tujuan-tujuan pendidikan. Pendidikan akan berhasil, jika proses pembelajaran berlangsung dengan baik. Proses pembelajaran akan berlangsung baik apabila metode pembelajaran yang diterapkan sesuai dengan keadaan siswa. Selama ini proses pembelajaran masih dilakukan secara konvensional. Sebagai akibatnya, terlihat pada hasil observasi awal hasil belajar siswa di SMK Islam Roudlotus Saidiyyah masih banyak siswa yang belum tuntas nilainya. Untuk menghindari hal tersebut, salah satu upayanya dengan menerapkan Metode Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS). Rumusan masalah dalam penelitian adalah Adakah perbedaan hasil belajar antara metode pembelajaranNumbered Head Together (NHT) dengan Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan kelas X SMK Islam Roudlotus Saidiyyah Semarang.Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Islam Roudlotus Saidiyyah Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling kuota, sehingga mengambil sampel 32 siswa, kelas X TKJ sebagai kelas eksperimen pertema dan kelas X PS sebagai kelas eksperimen kedua. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan angket dan analisis data menggunakan uji t.Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan nilai Sig. (2-tailed) untuk motivasi siswa 0,009, nilai Sig. (2-tailed) untuk respon siswa 0,035, nilai Sig.(2-tailed) untuk hasil belajar siswa 0,03. Berdasarkan nilai Sig. (2-tailed) tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas NHT dengan kelas TPS. Rata-rata tingkat motivasi siswa 73,8%, tingkat respon siswa72,0%, dan hasil belajar siswa 71,0% pada kelas NHT lebih tinggi dari pada kelas TPS dengan rata-rata tingkat motivasi siswa 57,5%, tingkat respon siswa 61,5%, dan hasil belajar siswa 67,8%.Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa perbandingan metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi dari pada metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada hasil belajar siswa kelas X SMK Islam Roulotus Saidiyyah.
Education means interaction educator to learners in order to help learners master the objectives of education. Education will be successful, if the learning process is progressing well. The learning process will take place either if the teaching methods are applied in accordance with the state of the student. During this learning process is still done conventionally. As a result, seing on previsious result of student learning outcomes in vocational Islam Roudlotus Saidiyyah still many students who have not completed value yet. To avoid this, one of the efforts to implement a Learning Numbered Head Together Method (NHT) and Think Pair Share (TPS). The formulation of the problem is there a difference between the results of studies of learning methods Numbered Head Together (NHT) with Think Pair Share (TPS) on learning outcomes kewirausahaan subjects of class X SMK Islam Roudlotus Saidiyyah Semarang.The research method used is a quasi experimental. Population in this students of class X SMK Islam Roudlotus Saidiyyah. Samplingtechnique used is sampling quotas, thus taking a sample of 32 students, class X TKJ as the first experimental class and the class as a class X PS second experiment. Methods of data collection using the documentation, test and questionnaire and analyzed using t-test.Based on the results of test calculations independent sample t-test found the Sig. (2-tailed) for 0,009 student motivation, the Sig. (2-tailed) for 0,035 student responses, the Sig. (2-tailed) for student learning outcomes 0.03. Based on the value of Sig. (2-tailed), we can conclude that there are differences in student learning outcomes NHT class to class TPS. The average level of 73.8% of student motivation, siswa72,0% response rate, and student learning outcomes in grade 71.0% higher than the NHT on TPS class with an average level of student motivation 57.5%, the student response rate 61.5%, and 67.8% of student learning outcomes.From the above result it comparison learning of methods Numbered head Together (NHT) with Think Pair Share (TPS) on the results of study subjects kewirausahaan student SMK Islam Roulotus Saidiyyah Semarang