ANALISIS KUALITAS SOAL EKONOMI UJIAN SEKOLAH SMA

Main Article Content

Liyun Sari
Kardoyo Kardoyo

Abstract

Penyusunan soal ekonomi ujian sekolah SMA Negeri Kabupaten Kudus disusun oleh guru Ekonomi kelas XII atas rekomendasi dari kepala sekolah. Soal digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa terkait penguasaan materi ekonomi dan sebagai bahan pertimbangan dalam penentu kelulusan siswa. Hasil observasi awal di SMA Negeri Kabupaten Kudus, menunjukkan bahwa soal ekonomi ujian sekolah, belum pernah diuji kualitasnya. Kualitas soal ekonomi ujian sekolah bisa diketahui dari tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, efektifitas pengecoh serta proses penyusunan soal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif menggunakan program ANATES V4 untuk menganalisis kualitas soal. Sedangkan pendekatan kualitatif menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui proses penyusunan soal ujian sekolah. Populasi analisis kualitas soal berjumlah 810, sedangkan jumlah populasi penyusunan soal berjumlah 27 guru. Penentuan sampel kualitas soal menggunakan proporsional random sampling berjumlah 89, sementara sampel penyusunan soal menggunakan purposive judgement sampling berjumlah 7 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kualitas soal ekonomi ujian sekolah SMA Negeri Kabupaten Kudus tahun ajar 2014/2015 berdasarkan validitas termasuk dalam kriteria sedang, reliabilitas termasuk dalam kriteria sedang, tingkat kesukaran termasuk dalam kriteria sedang, daya beda termasuk dalam kriteria jelek dan efektifitas pengecoh termasuk dalam kriteria tidak berfungsi. Proses penyusunan soal ujian sekolah belum berjalan sesuai tahapannya. Tahapan penyusunan spesifikasi tes dilakukan sesuai dengan pedoman penyusunan soal ujian sekolah. Tahapan penulisan tes telah dilaksanakan sesuai kisi-kisi, akan tetapi kisi-kisi yang disusun belum mencantumkan jenjang komponen pengetahuan. Tahapan telaah tes hanya dilakukan secara individu. Tahapan uji coba dan analisis butir soal tidak dilakukan karena keterbatasan pengetahuan, waktu, tenaga dan biaya. Tahapan perbaikan soal telah dilakukan meskipun masih sering ditemukan kesalahan pada naskah soal. Tahapan perakitan soal telah dilaksanakan oleh penyusun. Tahapan pelaksanaan tes ujian sekolah berlangsung lancar sesuai jadwal POS ujian masing-masing sekolah. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah guru harus melakukan uji coba dan analisis butir soal agar kualitas soal yang disusun bisa diketahui. Bagi dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga dan kepala sekolah, hendaknya memberikan pelatihan tentang proses penyusunan serta cara menganalisis soal agar guru memiliki pengetahuan dan kemampuan menyusun soal secara baik dan benar.


Creat of the subject matter of Economics test of senior high school examination in Kudus, created by the recommendation of headmaster. Test use to know capability students about economics matery and make decision to pass exam. Result of preliminary observation at Senior High School in Kudus, showed that economics test of school examination had not quality tried. Quality economics test of school examination be knowed from level validity, reliability, level difficulty, discrimination, distractor and proses of preparation test. The research is used quantitative and qualitative approach. Quantitative approach use ANATES V4 program to analyse quality test. Qualitative approach use descriptive method to know proses of preparation test. Population of analysis quality test are 810. Population of preparation test are 27 teachers. Sample of quality test used proportional random sampling technique are 89. Sample of preparation test are 7 teachers used purposive judgement sampling technique.The result of the research are quality of Senior High School Examination in the Academic Year 2014/2015 in Kudus based validity are medium criterion, reliability are medium criterion, level difficulty are medium criterion, discriminations are bad criterion and distractor are dissfunction criterion. The process of preparation test is not suitable with stages. The process of preparation specification test are suitable with orientation. The process of write test are suitable with handout, but handout that be formed are not input knowledge level. The process of study test do with individually. The process of try and analysis test are not do because restrictiveness of knowledge, time, power and budget. The process of repair test are do in spite of wrongness on document test. The process of make a raft are do by teachers. The process of implementation test are fluency with schedule test of every school.Suggest of the research that the teachers must do try items research analysis so that the quality test can be knowed. For headmaster, Educations, culture and sport department, must give workshop about preparation test and method to analyse test, so teachers have knowledge and skill to write test

Article Details

How to Cite
Sari, L., & Kardoyo, K. (2017). ANALISIS KUALITAS SOAL EKONOMI UJIAN SEKOLAH SMA. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 480. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/13582
Section
Articles