PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN MENGAJAR, KOMPETENSI KEPRIBADIAN, DAN KOMPETENSI SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui baik secara simultan maupun parsial apakah keterampilan mengajar guru, kompetensi kepribadian, dan kompetensi social guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Purwodadi. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X AP sebanyak 117 orang. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu keterampilan mengajar guru, kompetensi kepribadian guru, dan kompetensi social guru. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuisioner, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penilitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y =. 56,484 + 0,138X1 + 0,118X2 + 0,154X3. Besarnya pengaruh secara simultan sebesar 58,2%. Sedangkan pengaruh secara parsial keterampilan mengajar guru sebesar 22,09%, kompetensi kepribadian guru sebesar 17,05%, dan kompetensi sosial guru sebesar 7,23%.
The purpose of this study is to determine either simultaneously or partially teaching skills teacher, personal competence, and social competence of techer on student achievement at tenth grade of SMK N 1 Purwodadi. The Population in this research is tenth grade AP as many as 117 students. The Variables were examined in this study are teaching skills teacher, personal competence, and social competence of teacher. Data collection is used by the writer are questionnaires, tests, observation and documentation. Data analyzed using descriptive analysis and multiple regression analysis. Results of this research multiple regression analysis is Y =56,484 + 0,138X1 + 0,118X2 + 0,154X3. There is a simultaneous effect of 58,2%, while the partial effect of teaching skills teacher by 22,09%, personal competence by 17,05%, and amounted to 7,23% of social competence.