PENGARUH PENGETAHUAN, KETERAMPILAN, KONSEP DIRI DAN KARAKTERISTIK PRIBADI TERHADAP KINERJA STAF PADA SMK N SE KOTA PEKALONGAN
Main Article Content
Abstract
Setiap organisasi perlu meningkatkan kinerja organisasi. peningkatan tersebut dapat dilakukan melalui peningkatan kinerja sumber daya manusia atau individu yang dimiliki. Untuk meningkatkan kinerja individu, maka organisasi harus melakukan pengukuran kinerja. Salah satu dimensi yang dapat digunakan dalam pengukuran kinerja adalah kompetensi. Dari hasil observasi, dilihat adanya kinerja pegawai tata usaha masih kurang baik, hal ini terlihat pada pelayanan yang kurang ramah, waktu pelayanan yang tergolong lama, adanya dokumen yang hilang dan tertukar, arsip belum tertata dengan baik dan penggunaan perlengkapan masih secara manual. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, keterampilan, konsep diri dan karakteristik pribadi terhadap kinerja staf SMK N se Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 16. Dari hasil penelitian diperoleh persamaan Y=0,867+0,313X1+0,268X2+0,257X3+0,320X4. Hasil perhitungan koefisien secara simultan sebesar 0,831. Hasil uji F sebesar 67,833 dengan taraf signifikansi 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengetahuan terhadap kinerja, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keterampilan terhadap kinerja, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara konsep diri terhadap kinerja dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara karakteristik pribadi terhadap kinerja.
An organization need to improve organizasional performance. It can done trhough an increase in human resources or individual. To improve the performance of individuals, organizational must conduct performance measurement. One of dimensions that used in performance measurement is competence. The result of observation, employee performance still not good. It appears to be less friendly service, length of service time, lost of document and swapped, archives not arranged and the equipment used is still manual. Therefore, the purpose of this study was known Influence of Knowledge, Skill, Self-Concept and Personal Characteristic to Performance Employees Of SMK N Pekalongan. This study use a quantitative approach with ex post facto method. Data were collected by using questionnaires. Analysis used is multiple linear regression, analysis using SPSS 16. Of the result obtained by equation Y=0,867+0,313X1+0,268X2+0,257X3+0,320X4. Coefficient calculation results simultaneously is 0,831. Test result F is 67,833 with sig. 0,000. Conclutions of this study is that there is a positive and significant influence between knowledge to performance, there is a positive and significant influence between skill to performance, there is a positive and significant influence between personal characteristic to performance.