PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI, HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI, DAN MOTIVASI MEMASUKI KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA AKUNTANSI
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan data observasi awal di SMK Ma’arif 9 Kebumen menunjukkan bahwa belum semua lulusan Akuntansi terserap secara optimal, hanya 5% yang bekerja di bidang akuntansi pada tahun 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Praktik Kerja Industri, Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi, dan Motivasi Memasuki Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Ma’arif 9 Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Akuntansi Tahun Ajaran 2015/2016 sebesar 120 siswa. Anggota sampel adalah 92 siswa dengan menggunakan Slovin . Teknik pengambilan sampel adalah sampel acak sederhana. Penelitian menggunakan metode Dokumentasi dan Kuesioner. Metode analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analiss regresi berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kesiapan kerja siswa dalam kategori tinggi, praktik kerja industri dalam kategori sangat baik, hasil belajar mata pelajaran akuntansi dalam kategori cukup, dan motivasi memasuki kerja dalam kategori sangat tinggi. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan secara simultan terdapat pengaruh antara Praktik Kerja Industri, Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi, dan Motivasi Memasuki Kerja Terhadap Kesiapan Kerja (27,5%). Sedangkan secara parsial Praktik Kerja Industri berpengaruh (9,18%), Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi tidak berpengaruh, dan Motivasi Memasuki Kerja berpengaruh (12,89%) Terhadap Kesiapan Kerja.
Based on prelimanary observation data in Vocational High School Ma’arif 9 Kebumen shows that not all accounting graduates are absorbed optimally yet, it just 5% who work in Accounting area in 2015. This study aimed, to determine The effects of Job Training, Learning Achievment in Accounting Lesson, and Job Motivation to Work Readiness of Accounting Students XIth Grade at Vocational High School of Ma’arif 9 Kebumen in Academic Year 2015/2016. The population in this research are all Accounting Students XIth Grade in Academic Year 2015/2016, 120 students. The samples are 92 students by using Slovin. Technical sampling is simple random sampling. This research use questionaire and documentation methods. Data analysis methods are descriptive statistic and multiple regression linear analysis. The result of descriptive analysis shows that Students’s Work Readiness in high category, Job Training in very good category, Learning Achievment in Accounting Lesson in enough category, and Job Motivation in very high category. The results based on multiple regression linear analysis shows simultaneously that there are some effects of Job Training, Learning Achievment in Accounting Lesson, and Job Motivation to Work Readiness (27,5%). As partially, Job Training has effect (9,18%), Learning Achievment in Accounting Lesson hasn’t effect, Job motivation has effect (12,89%) to work readiness.