PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN KEPRIBADIAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA JURUSAN PEMASARAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas X jurusan pemasaran SMK Negeri 2 Magelang, kemudian apakah terdapat pengaruh kepribadian terhadap minat berwirausaha siswa kelas X jurusan pemasaran SMK Negeri 2 Magelang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan pemasaran SMK Negeri 2 Magelang sebanyak 107 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil dari analisis regresi berganda penelitian ini yaitu Y = 4, 823 + 0,277 X1 + 0,660 X2. Kesimpulan penelitian ini yaitu, ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan kewirausahaan dan kepribadian terhadap minat berwirausaha secara simultan dan parsial.
This research aims to determine level of positif influence of the entrepeneurship education toward the Interest on Entrepreneurship of students in marketing department of SMK Negeri 2 Magelang then, is there any influence of personality toward the entrepreneurial interest of students in marketing department of SMK Negeri 2 Magelang. The population of this research is all of students in grade X marketing departmentof SMK Negeri 2 Magelang that consisting of 107 students. The data was collected using questioner, interviewand documentations.The data analysis technique used in this research was descriptive analysis and multiple regression analysis. The result of the multiple regression is Y = 4,823 + 0,277 X1 + 0,660 X2. The conclusion of the research is that there is an influence positive and significant of entrepeneurship education and personality toward the entrepreneurial interest of students in marketing department of SMK Negeri 2 Magelang either simultaneously or partially.