PENGARUH LINGKUNGAN KELARGA DAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar secara simultan maupun parsial terhadap motivasi belajar ekonomi. Populasi seluruh siswa (IIS) SMA Negeri 5 Semarang (192 siswa), sampel 66 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Analisis deskriptif persentase: motivasi belajar dalam kategori tinggi (62%), lingkungan keluarga berkategori baik (59%), pemanfaatan internet sebagai sumber belajar berkategori baik (67%). Hasil penelitian: lingkungan keluarga dan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar secara simultan berpengaruh terhadap motivasi belajar ekonomi (39,8%). Secara parsial lingkungan keluarga berpengaruh (17,2%), pemanfaatan internet sebagai sumber belajar berpengaruh (8,6%) terhadap motivasi belajar ekonomi. Kesimpulan lingkungan keluarga dan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar ekonomi di SMA Negeri 5 Semarang baik secara simultan maupun parsial.
The objectives of this research are to identify the effect of family environment and the internet usage as learning source simultanly or partially on economics learning motivation. Population of SMA Negeri 5 Semarang students (IIS/Social Program) are 192, 66 students are samples. Data collecting method uses questionnaire. Data analyzing uses descriptive and double equal regression analyzing. Descriptive analyzing percentage: high learning motivation (62%), good family environment (61%), good internet usage as learning source (67%). The result of this research is family environment and the internet usage as learning source simultanly give positive effect and significant to economics learning motivation (39,8%). Partially, family environment give positive effect and significant to economics learning motivation (17,2%), the internet usage as learning source give positive effect and significant to economics learning motivation (8,6%). The conclusion is family environment and the internet usage as learning usage give positive effect and significant to economics learning motivation at SMA Negeri 5 Semarang simultanly and partially.