PERAN MINAT BELAJAR SEBAGAI INTERVENING DALAM PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar akuntansi perusahaan jasa maupun pengaruh tidak langsung yang melalui minat belajar akuntansi dan menganalisis pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi perusahaan jasa maupun pengaruh tidak langsung melalui minat belajar akuntansi. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur dan sobel tes. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan minat belajar akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi perusahaan jasa peserta didik. Terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap minat belajar akuntansi peserta didik. Tidak terdapat pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi perusahaan jasa peserta didik. Minat belajar akuntansi berperan menjadi variabel intervening pengaruh lingkungan keluarga dan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi perusahaan jasa peserta didik.
The aim in this research are to analyse the influence of family environment directly on learning achievement of accounting service company and indirect influence through interest in accounting learning and to analyze the influence the utilization of school library on learning achievement of accounting service company and indirect influence through interest in acounting learning. The data collecting methode is by using questionnaire and documentation. While the data analysis methode are descriptive analyze, path analyze and sobel test. The result of this research showed there is effect of family environment and interest in accouting learning on learning achievement of accounting service company. There is effect of family environment and utilization of school library toward interest in accounting learning. There is no effect of utilization of school library toward learning achievement of accounting service company. Interest in accounting learning can role as an intervening variabel effect of family environment, and utilization of school library on learning achievement of accounting service company.