KINERJA GURU ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK SE-KABUPATEN KUDUS
Main Article Content
Abstract
Kinerja guru yang baik dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah iklim sekolah, fasilitas kerja dan disiplin kerja. Berdasarkan hasil observasi masih banyak guru yang memiliki kinerja rendah, hal tersebut dilihat dari kehadiran guru yang tidak tepat waktu dan masih banyak guru yang belum membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sebelum kegiatan pembelajaran. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh iklim sekolah, fasilitas kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru administrasi perkantoran SMK se-Kabupaten Kudus secara simultan maupun parsial. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pengaruh iklim sekolah, fasilitas kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru administrasi perkantoran SMK se-Kabupaten Kudus secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian adalah guru administrasi perkantoran SMK se-Kabupaten Kudus yang berjumlah 55 orang dan sampel yang digunakan adalah sampel populasi yang berjumlah 55 orang.Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu iklim sekolah, fasilitas kerja, disiplin kerja dan kinerja guru. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 96,010 pada taraf signifikansi 0,000 < 0,05 maka H4 diterima, thitung sebesar 2,201 pada taraf signifikansi 0,032 < 0,05 maka H1 diterima, thitung sebesar 3,926 pada taraf signifikansi 0,000 < 0,05 maka H2 diterima, thitung sebesar 3,300 pada taraf signifikansi 0,002 < 0,05 maka H3 diterima. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan iklim sekolah, fasilitas kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru baik secara simultan maupun parsial. Saran penelitian ini adalah guru harus meningkatkan kinerjanya terutama dalam penyusunan RPP, hendaknya guru mensiasati kekurangan fasilitas buku-buku pegangan mengenai Administrasi Perkantoran dengan memberikan materi lain dari internet dan bagi sekolah hendaknya memberikan balas jasa yang sesuai dengan tugas yang dibebankan kepada guru.
The performance of a good teacher influenced by various factors, of them are school climate, working facilities and working discipline. Based on the observation is a lot of teachers who have low, its performance it is viewed from the teacher ill-timed and a lot of teachers who have not made before learning activity implementation of plans. The problem that is out there in the study of effect of climate school, working facilities and working discipline to perfoemance of office administration teacher at SMK se-Kabupaten Kudus simultaneously or be partial. Research objectives is to know the influence of effects of climate school, working facilities and working discipline of the performance of office administration teachers at SMK se-Kabupaten Kudus simultaneously and partial. The population in the research is all office administration teachers at SMK se-Kabupaten Kudus which total 55 people and the sample used is that total of 55 people to sample the population. Variables that were examined in this research namely school climate, working facilities, working discipline and teachers performance. The data analysis technique used in this research was descriptive analysis and multiple regression analysis. The result of the research show that the value of Ftest at 96,010 with a significance level of 0,000 < 0,05 then H4 accepted, ttest at 2,201 with a significance level of 0,032 < 0,05 then H1 accepted, ttest at 3,926 with a significance level of 0,000 < 0,05 then H2 accepted. ttest at 3,300 with a significance level of 0,002 < 0,05 then H3 accepted. The conlusion of this research is that there is anpositive and significance influence of school climate, working facilities and working discipline to performance teacher simultaneously or partially. Suggestions of this research is teachers must improve its performance especially in the preparation of lesson plans, teachers should be a shortage of facilities books a handle on the office administration by giving other material from the internet and for schols should give it the services in accordance with the duty charged to the teacher.