PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menguji tentang pengaruh disiplin belajar, lingkungan belajar, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara simultan maupun parsial disiplin belajar, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran yang berjumlah 87 siswa di SMK Gatra Praja Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan menggunkan metode pengumpulan data berupa angket. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial IBM SPSS 16. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif disiplin belajar terhadap prestasi belajar sebesar 7,50%, terdapat pengaruh positif lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar sebesar 11,29%, terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 6,50%. Sedangkan secara simultan menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif disiplin belajar, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebasar 46,225%. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh disiplin belajar, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran pengantar administrasi kantor pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Gatra Praja Pekalongan secara simultan dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar, lingkungan keluarga dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan agar siswa dapat mengatur waktu belajarnya, keluarga hendaknya memperhatikan dan membimbing anak pada waktu belajarnya dengan demikian anak akan termotivasi untuk belajar sehingga prestasi belajar anak akan meningkat. Selain itu sekolah juga diharapkan ikut membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar dan disiplin belajar agar prestasi belajar siswa dapat meningkat.
This study was examined the effect of the discipline of learning, learning environment and learning motivation toward learning achievement. The purpose of this study was to determine whether there is a simultaneous or partial influence the discipline of learning, family environment, and motivation toward learning achievement.Subjects in this study were students of class XI office administration skills program totaling 87 studenta at SMK Gatra Praja Pekalongan. This research is the study population using the method of data collection in the form of questionnaire. Methods of data analysis using descriptive analysis and inferential analysis IBM SPSS 16. The results showed that there is a positive influence on learning achievement amounted to 7.50%, there is a positive effect of family environment on learning achievement at 11.29%, a positive influence on learning achievement motivation to learn at 6.50%. While simultaneous shows that the positive influences of Discipline learning , family environment , and motivation to learn Against the learning achievement sebasar 46.225 %.Based on the results influence the discipline of learning, family environment, and motivation toward learning achievement introductory courses office administration in class XI Administration skills at SMK Gatra Praja Pekalongan of simultaneous research can be concluded that the discipline of learning, family environment and learning motivation effect on student achievement. Family should notice and guiding kids by the time learning so Children will be motivated for learn and learning achievement of children will increased .Therefore, in addition to the family and the school should be helping students to improve learning motivation and discipline of learning that student achievement can be improved.