PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang saya lakukan di SMK GARUDA NUSANTARA Karangawen Demak, ditemukan masalah hasil belajar peserta didik mata pelajaran kewirausahaan turun terus menerus. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Seberapa besar pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar kewirausahaan kelas XI SMK GARUDA NUSANTARA Karangawen Demak, (2) Seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan kelas XI SMK GARUDA NUSANTARA Karangawen Demak, (3) Seberapa besar pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan kelas XI SMK GARUDA NUSANTARA Karangawen Demak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling.Variabel dalam penelitian ini adalah variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai variabel bebas (X1), motivasi belajar sebagai variabel bebas (X2), dan hasil belajar kewirausahaan sebagai variabel terikat (Y).Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi.Data yang dikumpukan dianalisis dengan deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar berpengaruhterhadap hasil belajar kewirausahaan kelas XI SMK GARUDA NUSANTARA Karangawen Demak baik secara parsial maupun simultan, dibuktikan dari hasil uji t dan F yang memperoleh signifikasi di bawah 0,05. Secara simultan penelitian ini berpengaruh sebesar 63% sedangakan sisanya 37% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Secara parsial, kontribusi pemanfaatan perpustakaan sekolah sebesar 47,33% dan motivasi belajar sebesar 47,20%. Saran dalam penelitian ini adalah peserta didik diharapkan dapat lebih memanfaatkan fasilitas perpustakaan sekolah dengan sebaik-baiknya, agar dapat memperbaiki nilai yang belum tuntas dan bersemangat untuk mendapatkan nilai yang maksimal.
Based on preliminary observations that I did in vocational SMK GARUDA NUSANTARA Karangawen Demak, found problems learning outcomes of students entrepreneurship subjects dropped continuously. The purpose of this study was to determine (1) How much influence the utilization of the school library to the entrepreneurship learning outcomes class XI SMK GARUDA NUSANTARA Karangawen Demak, (2) How much influence learning motivation to the entrepreneurship learning outcomes class XI SMK GARUDA NUSANTARA KarangawenDemak, (3) How much influence the use of the school library and learning motivation to the entrepreneurship learning outcomes class XI SMK GARUDA NUSANTARA KarangawenDemak.The sampling technique used in this research is proportional random sampling. Variables in this research is utilization of the school library as an independent variable (X1), motivation to learn as an independent variable (X2), and the entrepreneurship learning outcomes as a dependent variable (Y). Data collection tool used in this study was a questionnaire and documentation. The data were analyzed with descriptive percentage and multiple regression analysis. Based on the results of the study indicate that the use of the school library and learning motivation effect on entrepreneurship learning outcomes XI SMK GARUDA NUSANRATA Karangawen Demak either partially or simultaneously, evidenced from the results of the t test and F which gained significance below 0.05. Simultaneously, this study effect by 63% while the remaining 37% are influenced by other factors not examined. Partially, the contribution of the use of the school library by 47.33% and amounted to 47.20% of learning motivation. The suggestion from this research is that it is expected that the students are able to utilize the library’s facilities in the school maximally, in order to improve the value of the unfinished and eager to get the maximum value.