PENGARUH MOTIVASI DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI MELALUI PENDIDIKAN
Main Article Content
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
Investasi melalui pendidikan merupakan sejumlah dana yang dikeluarkan untuk bersekolah oleh individu dengan harapan memperoleh pendapatan lebih tinggi dimasa yang akan datang. Permasalahan penelitian ini adalah apakah ada pengaruh motivasi siswa dan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap keputusan investasi melalui pendidikan siswa SMK di Kabupaten Batang secara simultan dan parsial. Populasi penelitian 494 orang, siswa kelas XI SMK di Babupaten Batang dan diambil sampel 65 responden. Hasil deskripsi variabel penelitian menunjukkan variabel keputusan investasi melalui pendidikan, variabel motivasi siswa dan variabel kondisi sosial ekonomi orang tua dalam kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan motivasi siswa dan kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap keputusan investasi melalui pendidikan siswa SMK di Kabupaten Batang baik secara simultan maupun parsial.
Abstract
___________________________________________________________________
Investing through a fund education is spent on schooling by individuals in the hope of obtaining a higher income in the future. The problem of this study is whether there is influence student motivation and parental socio-economic conditions for investment decisions through education vocational students in Batang simultaneously and partially. The study population was 494 people, a class XI student of SMK in Kabupaten Batang and sampled 65 respondents. The description of the variables showed variable investment decisions through education, student motivation variables and variable socioeconomic conditions of parents in the high category. Hypothesis test results show student motivation and parental socioeconomic conditions affect investment decisions through education vocational students in Batang either simultaneously or partially.