STRATEGI MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGETIK MELALUI PENERAPAN METODE MENGETIK BERIRAMA BERBANTU MEDIA MOVIE MAKER PADA SISWA KELAS XI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK PGRI 2 SALATIGA
Main Article Content
Abstract
Keterampilan mengetik yang dimiliki siswa kelas XI AP SMK PGRI 2 Salatiga masih tergolong rendah. Persentase siswa yang tidak tuntas mencapai 85%. Dari permasalahan tersebut diperlukan solusi tentang strategi pembelajaran. Salah satunya melalui penerapan metode mengetik berirama berbantu media movie maker. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengetik siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu one group pre test-post test. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan mengetik siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment mengalami peningkatan sebesar 9 entakan per menit (epm) dari kategori cukup menjadi baik. Rata-rata kecepatan mengetik siswa sebelum mendapatkan treatment sebesar 110 entakan per menit (epm) termasuk dalam kategori keterampilan cukup, sedangkan setelah mendapatkan treatment kecepatan mengetik siswa sebesar 119 entakan per menit (epm) termasuk kategori keterampilan baik. Hal tersebut menunjukan bahwa adanya peningkatan pada keterampilan mengetik siswa sebelum dan sesudah mendapatkan penerapan metode mangetik berirama berbantu media movie maker.
Typing skill of class XI AP SMK PGRI 2 Salatiga is relatively low. The percentage of student who did not complete high as 85% of the total students. Effort to improve student typing skill is through the development of appropriate methods. The method applied in this effort rhythmic typing method assisted by media movie maker. This research is experimental research design that is one group pretest-posttest. This study compares the result before and after treatment to achieve the research objectives. The data collection method used is testing. The data analysis technique is descriptive percentage. The result showed that students typing skill before and after treatment had increased by 9 tugs per minutes (epm) from middle category to be excellent category. The average speed of typing students before getting treatment at 110 tugs per minutes (epm) included in the category enough, after getting treatment while typing speed of student is 119 tugs per minutes (epm) including the excellent category. It shows that an increase in the skill of students typing before and after getting treatment about application of rhythmic typing method assisted by media movie maker.