PENGARUH PERSONAL ATTITUDE DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA DENGAN EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK GAJAH MADA 01 MARGOYOSO PATI TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Article Content

Winda Nurul Maulida
Ahmad Nurkhin

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh personal attitude, lingkungan sosial, dan efikasi terhadap intensi berwirausahasiswa kelas XI kompetensi keahlian akuntansi SMK Gajah Mada 01 Margoyoso Pati baik secara langsung maupun tidak langsung.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Gajah Mada 01 Margoyoso Pati tahun ajaran 2015/2016berjumlah 61 siswa. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner atauangket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengaruh personal attitude terhadap intensi berwirausaha sebesar 19,62%, lingkungan sosial berpengaruh terhadap intensi berwirausaha sebesar 7,62%, dan efikasi diri berpengaruh terhadap intensi berwirausaha sebesar 29,70%. Personal attitude dan lingkungan sosial berpengaruh secara parsial terhadap efikasi diri masing-masing sebesar 8,35% dan 11,42%. Hasil penelitian juga menjelaskan bahwa efikasi diri dapat memediasi personal attitude dan lingkungan sosial terhadap intensi berwirausaha. Disimpulkan bahwaterdapat pengaruh personal attitude, lingkungan sosial, dan efikasi diri terhadap intensi berwirausaha baik secara langsung maupun tidak langsung.


The purpose of this study is to determine whether there is influence personal attitude, social environment and self efficacy toward entrepreneur intention in the eleventh grade accounting students of SMK Gajah Mada 01 Margoyoso Pati both directly and indirectly.The population study was a class of XI accounting of SMK Gajah Mada 01 Margoyoso Pati in the academic year of 2015/2016. The total sample is 61 students. The sample used is saturated sample. Questionnaire is used as the methods of data collection. The method of data analysis used is descriptive statistical analysis and path analysis. The results of this study indicate that partially the effect of personal attitude toward entrepreneur intention was 19,62%, social environment toward entrepreneur intention was 7,62%, and self efficacy toward entrepreneur intenton was 29,70%. Personal attitude and social environment that affected partially toward self efficacy were 8,35% and 11,42%. The result also explained that self efficacy can be as a medium for personal attitude and social environmen toward entrepreneur intention. It was concluded that any influence of personal attitude, social environment, and self efficacy toward entrepreneur intention both directly and indirectly.

Article Details

How to Cite
Maulida, W., & Nurkhin, A. (2017). PENGARUH PERSONAL ATTITUDE DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA DENGAN EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK GAJAH MADA 01 MARGOYOSO PATI TAHUN AJARAN 2015/2016. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 501-516. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/16439
Section
Articles