EFEKTIFITAS KOMITE SEKOLAH SEBAGAI BADAN PENGAWAS MANAJEMEN KEUANGAN SEKOLAH PADA SMA NEGERI SE-KOTA SEMARANG

Main Article Content

Kartika Ratnaningtyas
Rediana Setiyani

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas peran komite sekolah dan efektivitas peran Komite Sekolah dalam pengelolaan manajemen keuangan sekolah di SMA Negeri Se- Kota Semarang. Dan teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster sampling. Metode analisis data yang digunakan analisis data deskriptif, analisisdata kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) komite sekolah menjalankan peran sebagai badan pengawas manajemen keuangan dengan baik (2) dari analisis data, dapat diketahuinbahwa efektifitas komite sekolah sebgai badan pengawas manajemen keuangan sekolah pada SMA Negeri Se-Kota Semaang adalah tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa komite sekolah efektif`dalam menjalankan peran sebagai badan pengawas manajemen keuangan sekolah.


The purpose of this study to determine the effectiveness of the role of the school committee and the effectiveness of the School Committee's role in the management of the financial management of the school in Senior High School of Semarang. And the sampling technique is done cluster sampling. Methods of data analysis used descriptive data analysis, qualitative data analysis. The results found that (1) the school committee performed the role of regulatory bodies with good financial management (2) of the data analysis, can diketahuinbahwa effectiveness watchdog committee sebgai school financial management of the school in Senior High School of Semarang is high. Based on research results it can be concluded that the school committee efektif`dalam role as the regulatory body of financial management of the school.     

Article Details

How to Cite
Ratnaningtyas, K., & Setiyani, R. (2017). EFEKTIFITAS KOMITE SEKOLAH SEBAGAI BADAN PENGAWAS MANAJEMEN KEUANGAN SEKOLAH PADA SMA NEGERI SE-KOTA SEMARANG. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 571-582. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/16444
Section
Articles