ANALISIS KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA
Main Article Content
Abstract
Tujuan pendidikan nasional membutuhkan peran maksimal seorang guru sebagai elemen pendidik. Maka dari itu guru perlu memiliki kinerja yang baik. Berdasarkan hasil observasi awal di SDN di Kecamatan Bangsri diperoleh data bahwa kinerja guru memiliki indikasi yang rendah. Berdasarkan hasil wawancara dengan Kepala UPT Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kecamatan Bangsri bahwa pelaksanaan beban tugas guru masih rendah, diantaranya yaitu masih ada guru yang mengajar lebih dari satu sekolah tetapi kinerjanya kurang maksimal, guru sering ijin dan tidak berada disekolah saat jam kerja dengan alasan pribadi, dan pembuatan karya ilmiah yang belum dilaksanakan secara baik. Mengatasi masalah kinerja guru tersebut maka dilakukan penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja guru SDN se Kecamatan Bangsri Kabupaten jepara.Subjek penelitian ini adalah Guru SDN se Kecamatan Bangsri. Variabel penelitian ini yaitu kinerja guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan memberikan angket kepada guru, wawancara kepada kepala sekolah, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase.Hasil penelitian diperoleh rata-rata kinerja guru dilihat dari perencanaan pembelajaran sebesar 76,63% (baik). Rata-rata kinerja guru dilihat dari pelaksanaan pembelajaran sebesar 90,42% (sangat baik). Rata-rata kinerja guru dilihat dari pelaksanaan penilaian hasil pembelajaran sebesar 84,22% (sangat baik). Rata-rata kinerja guru dilihat dari pelaksanaan pengembangan keprofesionalan berkelanjutan sebesar 50,58% (tidak baik).Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa perencanaan pembelajaran termasuk kategori baik. Pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori sangat baik. Pelaksanaan penilaian hasil pembelajaran termasuk kategori sangat baik. Sedangkan pelaksanaan pengembangan profesi berkelanjutan termasuk kategori tidak baik.
Goals of national education need role maximum teacher as element educator. So, theacher have a good performance. Based on the result of preliminary observation in elementary schools in the District Bangsri find data that performance of teachers have low indication. However, based on interview with the Head of Unit Department of Education Youth and Sports of District Bangsri that the implementation of the assignment of teachers is low. Among which there are teachers still be found teacher to teach more than one school but this performance less maximum, teachers often permit and not be in school at hour working the person ground, and make of scientific works have not been well implemented. Superintend problem the teachers performance is then did descriptive quantitative research. Goals this research to analyze the teachers performance Elementary School at subdistrict Bangsri Regency Jepara.The subjects this research is teachers Elementary School at subdistrict Bangsri. Variable of this research is the teachers performance. Collecting data in this research with giving questionnaire for teachers. Interview to the head school, and documentation. Data analysis using analysis descriptive percentage.The output research result average teachers performance peek from implementation of learning plan about 76,63% (good). The average teachers performance peek from implementation of Learning about 90,42% (very good). The average teachers performance peek from implementation of Assessment Study output about 84,22% (very good). The average teachers performance peek from implementation of development continue profesion about 50,58% (not good).Based output research, it can be concluded that the implementation of learning plan includes good category. Implementation of learning includes very good category. Implementation of assessment study includes very good category. While implementation of development continue profesion includes not good category.