STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MINIMARKET DI KOPERASI MAHASISWA (STUDI PADA KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET)
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pengembangan usaha minimarket di Kopma UNS dari segi pemasaran, manajemen barang dagangan, pengelolaan keuangan dan sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari segi pemasaran menerapkan promosi, harga khusus dan poin, papan kebutuhan, lokasi yang strategis. Strategi manajemen barang dagangan yaitu dengan pengadaan barang dagangan yang otonom pada karyawan, selektif terhadap konsinyor, standarisasi produk, mengurangi stock gudang, display berdasarkan jenis barang. Strategi pengelolaan keuangan yang diterapkan yaitu tersentral pada pusat, administrasi keuangan dengan dua sistem, pengontrolan secara rutin mingguan cash flow dan profit loss, penggajian dilakukan oleh manajer keuangan sesuai peraturan perusahan. Strategi pengelolaan sumber daya manusia yaitu dengan pembagian tugas yang jelas sesuai jobdesk, pertemuan rutin, sidak dan finger print, penjagaan keharmonisan dan semangat kerja, reward sebagai motivasi karyawan, sanksi untuk tindakan indisipliner dan pelatihan serta pengembangan untuk karyawan. Selain itu, juga terdapat kebijakan pengkarakteristikan dan pemantapan manajemen sebelasmart serta pengusahaan ekspansi sebelasmart dan menutup unit yang merugikan. Simpulan dari penelitian ini yaitu Kopma UNS masih terpusat pada UKM Mart saja dalam menerapkan strategi yang diuaraikan di atas. Untuk sebelasmart keberjalannya masih kurang optimal. Dari segi peraturan perusahaan dan SOP, SPI sudah ada di Kopma UNS.
The purpose of this research is to know the business development strategy of minimarket on Student Cooperative Sebelas Maret University in terms of marketing, merchandise management, financial management and human resources. This study used a qualitative approach. Research results show that in terms of applying marketing promotions, special rates and points, the board needs, strategic location. Merchandise management strategy is the procurement of marchandise autonomous employees, selective konsinyor, standardization of products, reduce warehouse stock, display based on the type of goods. Financial management strategies are applied that is centralized at the center, financial administration, control regularly weekly cash flow and profit loss, payroll is done by the financial managers of the company rules. Human resource management strategies with a clear division of tasks in accordance jobdesk, regular meetings, inspection and finger print, the care of the harmony and the spirit of the work, the reward as employee motivation, sanction for this act of indisipliner, training and development for employees. In addition, there is also sebelasmart characterization policy and management stabilization, and expansion sebelasmart. Summary of the study is Kopma UNS still focused on UKM Mart in applying the strategy, for sebelasmart is still less than optimal. In terms of regulations and company SOPS, the SPI is already on Kopma UNS.