STRATEGI BAURAN PEMASARAN USAHA KECIL KERIPIK BHINEKA DI DESA BELENDUNG KECAMATAN PURWADADI KABUPATEN SUBANG
Main Article Content
Abstract
Usaha kecil keripik Bhineka merupakan usaha rumahan yang memproduksi makanan ringan berupa cemilan keripik dari buah-buahan, yaitu memproduksi keripik nangka, keripik rambutan dan keripik pisang vacum. Salah satu faktor yang mempengaruhi pemasaran usaha kecil keripik Bhineka adalah strategi bauran pemasaran meliputi produk, harga, promosi dan tempat/saluran distribusi. Penelitian ini dilakukan di Usaha Kecil Keripik Bhineka Desa Belendung Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran yang digunakan usaha Bhineka dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat usaha kecil keripik Bhineka. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian1) strategi bauran pemasaran yang digunakan oleh usaha kecil keripik Bhineka adalah produk yang dibuat ini dengan kualitas yang baik, kuantitas yang baik, sudah mempunyai merk, dikemas dengan plastik trasparan. Harga yang ditetapkan sama dengan pesaing. Promosi keripik Bhineka masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan lewat mulut ke mulut. dan tempat/saluran distribusi adalah produk yang dipasarkan langsung di tempat produksi, kemudian ada yang disalurkan ke konsumen melalui pedagang besar. 2) faktor pendukung internal yaitu produk, dan harga. Faktor pendukung ekternal yaitumeningkatnya penjualan pada hari besar. Sedangkan faktor internal sebagai penghambat yaitu tempat produksi dan promosi yang masih kurang. Faktor eksternal sebagai penghambat yaitu pesaing usaha dan bahan baku musiman.
Small business of Bhineka crispy is home business that products snack as crispy of fruits. It products jackfruits crispy, rambutan crispy and banana crispy vacuum. One of factor that affect small business marketing crispy of Bhineka is marketing mix strategy that including product, price, promotion and place or distribution channels. This research was conducted in small business of Bhineka crispy in Belendung village, Purwadadi regency and Subang subdistrict. The question in this research are: 1) How does the strategy of marketing small business of Bhineka crispy in Belendung village, Purwadadi regency and Subang subdistrict ? 2) what can support and drag feet in marketing small business of Bhineka crispy in Belendung village, Purwadadi regency and Subang subdistrict.This research method is using qualitative descriptive methods, data collectio techniques using interviews and documentation. Based on the result of this research are 1) the strategy of marketing that is used by Bhineka crispy made in good quality, good quantity, has a brand and packed with transparent plastic. The price is equal with the competitor. The promotion of Bhineka crispy is used traditional marketing by mouth to mouth.And place or distribution channels are products marketed directly at the place of production, then there are distributed to consumers through big seller. 2) The factor of internal supporting are product and price. The factor external supporting is the height of selling in the big day. Meanwhile, internal factor of demotivating are place of product and lack of promotion. External factor of demotivating are competitor and basic material seasonally.