PERAN MEDIASI MOTIVASI KERJA PADA PENGARUH SERTIFIKASI PROFESI DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU

Main Article Content

Sari Widyastuti
Agung Yulianto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bukti empiris dan menganalisis peran motivasi kerja dalam memediasi pengaruh sertifikasi profesi dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Akuntansi SMK Negeri se-Kabupaten Klaten. Populasi penelitian ini adalah guru Akuntansi tersertifikasi yang bertempat tugas di SMK Negeri se-Kabupaten Klaten yang sekaligus sebagai sampel penelitian, yakni sejumlah 45 guru. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, path analysis dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja terbukti berperan secara sempurna sebagai mediator pengaruh sertifikasi profesi terhadap kinerja guru, serta tidak signifikan dalam memediasi pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengkaji lebih lanjut mengenai kinerja guru Akuntansi dengan menambah variabel lain untuk penelitian dan memperluas ruang lingkup baik di SMK Negeri maupun Swasta.


 


The purpose of this study is to find empirical evidence and analyze the role of work motivation in mediating the influence of professional certification and principal leadership on the performance of Accounting teachers in Klaten Regency. The population of this study is a certified accounting teacher who is assigned to SMK Negeri in Klaten Regency as well as a sample of research, a total of 45 teachers. Data analysis methods used are descriptive analysis, path analysis and sobel test. The result of the research shows that work motivation proved to be a perfect role as a mediator of the influence of professional certification on teacher performance, but not significant as mediator of influenceprincipal leadership on teacher performance. Further research is expected to further examine the performance of Accounting teachers by adding other variables to research and expand thescope ofboth SMK Negeri and Private

Article Details

How to Cite
Widyastuti, S., & Yulianto, A. (2018). PERAN MEDIASI MOTIVASI KERJA PADA PENGARUH SERTIFIKASI PROFESI DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 15-28. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/22852
Section
Articles