PENGARUH MINAT MENJADI GURU, PENGUASAAN MKDK, DAN PPL TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA MENJADI GURU
Main Article Content
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat menjadi guru. Penguasaan mata kuliah dasar kependidikan, dan praktik pengalaman lapangan terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2013 yang telah menempuh mata kuliah dasar kependidikan dan praktik pengalaman lapangan berjumlah 188 mahaiswa. Sampel 123 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik porposional random sampling perhitungan Isaac dan Michael. Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis dekriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan minat menjadi guru, penguasaan mata kuliah dasar kependidikan dan praktik pengalaman lapangan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru pada mahasiswa pendidikan akuntansi tahun 2013 FE Unnes. Sercara parsial minat menjadi guru berpengaruh terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru, penguasaan mata kuliah dasar kependidikan berpengaruh terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru, praktik pengalaman lapangan berpengaruh terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah mahasiwa harus selalu meningkatkan kesiapan dalam menjadi guru dan minat menjadi guru.
The purpose of this study is to determine the influence of interest in becoming a teacher. Mastery of basic courses of education, and practice of field experience on the readiness of students to be teachers simultaneously or partially. The population of this study is a student of accounting education class of 2013 who have taken the basic courses of education and practice field experience amounted to 188 students. A sample of 123 students taken using porposional random sampling technique of Isaac and Michael calculations. Methods of data collection using questionnaire techniques. Data analysis methods used are descriptive analysis and multiple regression analysis. The results showed that simultaneously the interest to be a teacher, the mastery of the basic subjects of education and practice of field experience simultaneously affect the readiness of students to be teachers in the accounting education students in 2013 FE Unnes. Partial interest in becoming teachers influences the readiness of students to become teachers, the mastery of the basic subjects of education affect the readiness of students to become teachers, field experience practices affect the readiness of students to become teachers. Suggestion given in this research is student must alwaysincrease readinessin becoming teacher and interest become teacher.