IMPLEMENTASI PROGRAM JUNIOR ACHIEVEMENT BE ENTREPRENEURIAL PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN

Main Article Content

Laila Laila
Joko Widodo

Abstract

LKS merupakan bahan ajar penunjang dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Kesesuaian isi materi, (2) Bagaimana kelayakan soal.Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.Fokus dan Lokasi Penelitian ini adalah kelayakan isi dan kelayakan soal LKS ekonomi kelas X di SMA Negeri Kota Semarang.Hasil penelitian diperoleh kelayakan materi dengan Materi Pokok, KD dan IPK dari hasil analisis menunjukan kesesuaian Materi Pokok 100%, KD 100%, IPK 91,95%. Analisis keterbacaan materi oleh siswa rata-ratanya menunjukkan hasil 3,13 (78,2%) dengan kategori baik. Analisis kelayakan soal pilihan ganda pada aspek materi 100%, kontruksi 85,7%, dan bahasa 100%. Rata-rata soal pilihan ganda 95,2% dengan kategori sangat baik. Analisis kelayakan soal uraian pada aspek materi 100%, kontruksi 55,8%, dan bahasa 100%. Rata-rata soal uraian 85,3%. Analisis kelayakan soal dilihat dari keterbacaan materi oleh siswa rata-ratanya 3,27 (82,03%). Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) LKS sesuai dengan K13, (2) soal-soal latihan sesuai dengan tingkatannya. Saran yang diberikan untuk penelitian ini adalah: (1) Sekolah hendaknya menyeleksi beberapa LKS yang sesuai dengan K13, (2) penerbit hendaknya memperbaiki kualitas LKS dengan menggunakan hasil penelitian sebagai referensi, (3) peneliti hendaknya memperbaiki penggunaan kontruksi soal dalam LKS karena rata-ratanya paling rendah dibanding aspek lain.


 


Student Worksheet is supporting instructional materials in teaching and learning in schools.The purpose of this research described and analyze: ( 1 ) conformity the contents of material, ( 2 ) how feasibility problem.The research method is descriptive qualitative. Focus and the location of this research is feasibility the content and feasibility problem of student worksheet economic class X in senior high school the city of Semarang .The results of the research obtained feasibility of materials with the subject matter , basic competence and an indicator of competence the results of the analysis showed conformity subject matter 100 % , basic competence 100 % , an indicator of competence 91,95 % .Analysis legibility any material by students usually show results 3,13 ( 78.2 % ) to a category good. Analysis feasibility problem choice double on the matter 100 % , construction 85,7 % , and language 100 % .The average about choice double 95,2 % to a category very good.Analysis feasibility about the discussion on the matter 100 % , construction 55.8 % , and language 100 % .The average about the discussion 85.3 %. Analysis feasibility problem seen from legibility any material by students usually 3,27 ( 82,03 % ).Conclusions from this research are: (1) Student worksheet in accordance with K13, (2) problems exercises in accordance with the form. The advice given for this research are: (1) the school should select some student worksheet accordingly with K13, (2) the Publisher should improve is student worksheet using the research results as reference, (3) researchers should be fix the use of construction problem instudent worksheet because the average lowest compared to other aspect

Article Details

How to Cite
Laila, L., & Widodo, J. (2018). IMPLEMENTASI PROGRAM JUNIOR ACHIEVEMENT BE ENTREPRENEURIAL PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 181-193. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/22870
Section
Articles