PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR

Main Article Content

Chrisman Darianto Siahaan
Hengky Pramusinto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah disiplin belajar, lingkungan sekolah, dan fasilitas belajar mempengaruhi hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Salatiga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Salatiga yang berjumlah 109 siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif persentase, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan software SPSS. Berdasarkan analisis deskripsi yang telah dilakukan maka disiplin belajar, lingkungan sekolah, dan fasilitas belajar yang terdapat di kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Salatiga tergolong dalam kategori cukup baik. Selain itu pengaruh positif juga dapat dilihat berdasarkan analisis regresi yang memiliki persamaan Y = 12,502 + 0,530X1 + 0,410X2 + 0,627X3. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa disiplin belajar, lingkungan sekolah, dan fasilitas belajar secara simultan dan parsial memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Salatiga. Besar pengaruh secara simultan yaitu 71,1%, sedangkan secara parsial disiplin belajar, lingkungan sekolah, dan fasilitas belajar masing-masing memiliki pengaruh sebesar 6,3%, 6,4% dan 5,5%.


The purpose of this study is to determine whether the discipline of learning, school environment, and learning facilities affect student learning outcomes in SMK Negeri 1 Salatiga. The data of this research had been collected using documentation and questionnaires. The population of this study were the students of class X Office Administration SMK Negeri 1 Salatiga which which consist of 109 students The data analysis technique was using descriptive analysis percentage, multiple linear regression analysis, classical assumption test, and hypothesis test using SPSS software. The results of this study showed the influence of student learning outcomes on several factors including learning discipline, school environment and learning facilities. Based on the analysis of the description that has been done then the discipline of learning, school environment and learning facilities in grade X Office Administration SMK Negeri 1 Salatiga classified in the category quite well. In addition, the positive effect can also be seen based on regression analysis Y = 12,502 + 0,530X1 + 0,410X2 + 0,627X3. The results of this study indicated that the discipline of learning, school environment, and learning facilities simultaneously and partially have a positive influence on the student learning outcome of grade X Office Administration SMK Negeri 1 Salatiga. The simultaneous influence of 71.1%, while the partial discipline of learning, school environment, and learning facilities have an influence of 6.3%,6.4%, and 5,5% respectively.

Article Details

How to Cite
Siahaan, C., & Pramusinto, H. (2018). PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 279-285. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/22879
Section
Articles