PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIRE SHARE (TPS) BERBANTUAN ACCELERATION CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI POKOK BAHASAN JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MAJENANG TAHUN AJARAN 2012/2013

Main Article Content

Devi Yuliana

Abstract

Hasil belajar ekonomi akuntansi siswa SMAN 1 Majenang masih banyak yang dibawah KKM. Salah satu penyebabnya karena guru masih menerapkan metode belajar yang sama dalam waktu yang lama sehingga mengakibatkan rendahnya perolehan hasil belajar. Melalui penerapanTPS berbantuan Acceleration Carddiharapkan siswa dapat mengembangkan pemikirannya, memahami materi secara mandalam dan mandiri, tidak hanya menerima dan mendengarkan, serta mampu menerangkan kepada temannya. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan TPS berbantuan acceleration card dapat meningkatkan hasil belajar.Metodepenelitian menggunakan quasi experimental. Populasinya semua siswa kelas XI IPS SMAN1 Majenang2013. Sampel penelitian kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 kelas kontrol. Metode pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu:analisis deskriptif prosentase, analisis data awal (pre-test), dan analisis data akhir (post-test). Hasil penelitian menyatakan bahwa ada peningkatan hasil belajar antara pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan hasil yang kedua ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kontrol.

 

Results ofthe economicstudyof accountingstudents of SMAN1Majenangstill muchbelow theKKM. One reason forthe teacheris stilllearningto applythe samemethodin a long time, resulting in lowerrevenues resulted from thestudy. Through the application ofAcceleration CardTPSaidedstudents are expected todevelop their thoughts, understand the material in depth and independent not only accept and listen, and be able to axplain to his frend. This studyaims todetermine the application ofassistedTGTmacromediaflashto improve learning outcomesandeffectiveness.The methodusesquasi-experimental study. Population ofallstudentsof class XIIPSSMAN1Majenang2013.Samplestudyof IPSXIclass4as theexperimental classandthe controlclassXIIPS2. Withtestdata collection methods, observationanddocumentation. Data analysis methodsused are: a descriptiveanalysis ofthe percentage, initialdata analysis(pre-test), and thefinaldata analysis(post-test). The study statesthatthere isan increase inlearning outcomesbetweenpre-test and post-test on the classand theresults of the secondexperimentthere wasa significantdifference inlearning outcomesbetweenthe experimental classwithcontrol.

Article Details

How to Cite
Yuliana, D. (1). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIRE SHARE (TPS) BERBANTUAN ACCELERATION CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI POKOK BAHASAN JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MAJENANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Economic Education Analysis Journal, 2(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/2752
Section
Articles

References

Arsyad, Azhar.2009.Media Pembelajaran.Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada

Azizah, Nur. 2008. " Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Paire Share untuk Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Anak Tunarungu". Dalam Jurnal Pendidikan Luar Biasa, Volume 4 No. 1 Hal 1-16. Surabaya: UNESA.


Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Marwitasari, Dyah Rahayu. 2012. "Penggunaan Media Acceleration Cardsebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA N 1 Purwareja Klampok Tahun Pelajaran 2011/2012”.Skripsi. Semarang: FE UNNES.

Mustain. 2011. “Efektivitas Penggunaan Acceleration Card Sebagai Media Pembelajaran Kimia Dalam Pokok Materi Ikatan Kimia Pada Siswa Kelas X Tahun 2010/2011“. Semarang: FMIPA UNNES.

Oktariana, Nina. 2008. "Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Konsep Dasar Pengantar Ilmu Ekonomi Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Paire-Share . Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi UNNES, Volume 3 No. 1 HAl 109-122.Semarang: UNNES.

Rifa’i, Achmad RC dan Catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning Theory, Riset dan Praktik. Cetakan Kedelapan. Bandung : Nusa Media

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunarto, Wisnu; Woro Sumarni, dan Eli Suci. 2008. "Hasil BElajar Kimia Siswa dengan Model Pembelajaran Metode Think-Paire-Share dan Metode Ekspositoris". Dalam Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Volume 2 No. 1 Hal 244-249. Semarang: UNNES.