MENINGKATKAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR MENGELOLA KONFLIK DENGAN CO-OP CO-OP

Main Article Content

Ilman Nafia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar konsumsi dengan menggunakan kooperatif tipe co-op co-op siswa kelas X BB 2 SMK NU 01 Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK NU 01, Kota Kendal. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas X BB 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 74,11 dengan ketuntasan klasikal 71,63%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siklus II sebesar 83,04 dengan ketuntasan  klasikal 87,84%. Hasil pengamatan aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa, siklus I diperoleh hasil sebesar 65% meningkat menjadi 87,49% pada siklus II, sedangkan aktivitas guru siklus I sebesar 62,5% meningkat menjadi 84,37% pada siklus II. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan kooperatif tipe co-op co-op pada materi mengelola konflik. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian adalah perlu adanya kesiapan guru sebelum memulai pelajaran, guru hendaknya mampu menguasai kelas dengan baik agar siswa lebih aktif, dan memilih metode yang tepat untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar.

 

The purpose of this study was to determine the increase in activity and learning outcomes with the content managing conflict of cooperative learning type co-op co-op students of class X BB 2 SMK NU 01 Kendal. This research is a class act. Location of the study conducted a SMK NU 01 Kendal, Kendal. The subjects in this study were class X BB 2. The result showed the average value of student learning outcomes in the first cycle of 74,11 to 71,63% classical completeness. While the average value of the second cycle of learning outcomes by 83,04 to 87,84% classical completeness. Observations of student activity showed an increase students' learning activities, cycle I obtained a yield of 65% increased to 87,49% in the second cycle, while the activity of the first cycle of teachers increased by 62,5% to 84,37% in the second cycle. This indicates an increase in student learning outcomes using the cooperative learning type co-op co-op on content managing conflict. Suggestions related to the research is the need for teacher preparation before starting the lesson, the teacher should be able to master classes with well so that students are more active, and selecting the appropriate method to be applied in teaching and learning.

Article Details

How to Cite
Nafia, I. (1). MENINGKATKAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR MENGELOLA KONFLIK DENGAN CO-OP CO-OP. Economic Education Analysis Journal, 2(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/2755
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2009, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dimyati, dan Mudjiono. 2009, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Efendi, Chutman dan Puput Wanarti R, S.T.,M.T. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Co-op Co-op dengan Pendekatan Open-Ended pada Standart Kompetensi Memperbaiki CD Player di SMKN 2 Surabaya. Jurnal. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Lisnawati, Lina. 2012. Model Pembelajaran Kooperatif (Kerjasama) dalam Menulis Kreatif Naskah Drama pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Singajaya Kabupaten Garut Tahun Ajaran 2011/201. Jurnal. Bandung: STKIP Siliwangi Bandung.

Puger, I Gusti Ngurah.2012. Pengaruh Metode pembelajaran Kooperatif Model Co-op Co-op dan Motivasi Belajar terhadap prestasi Belajar Biologi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Seririt (eksperimen pada Pokok Bahasan Peningkatan Produksi Pangan. Jurnal. Bali: Universitas Panji Sakti Singaraja.

Sadirman. 2007. Interaksi dan motivasi belajar mengajar.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Slavin, Robert E. 2010, Cooperative Learning, Bandung: Nusa Media.

Winaranti, Yeni. 2012. “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Co-op Co-op untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas V A SD Negeri 04 Metro Utara Tahun Pelajaran 2011/2012” Jurnal. Metro: Universitas Lampung.