PENGARUH CARA BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KOMPETENSI DASAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA AL-IRSYAD PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Main Article Content

Muhammad Yusron

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh cara belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA AL-IRSYAD PEKALONGAN baik secara simultan maupun secara parsial. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS sebanyak 34 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian ini cara belajar dan lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA AL-IRSYAD PEKALONGAN.

 

This study aims to determine how the effect of learning styles and family environment on learning outcomes of economic subjects basic competencies of accounting students in the high school class XI IPS AL-IRSYAD PEKALONGAN either simultaneously or partially. This study population are students of class XI IPS as many as 34 students. Data collection methods used were questionnaires and documentation. Method of data analysis is descriptive analysis and regretion analysis. Results of this study and how to study the family environment has a positive effect on learning outcomes of economic subjects basic competencies of accounting students in the high school class XI IPS AL-IRSYAD PEKALONGAN.

Article Details

How to Cite
Yusron, M. (1). PENGARUH CARA BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KOMPETENSI DASAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA AL-IRSYAD PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Economic Education Analysis Journal, 2(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/2757
Section
Articles

References

Aini, Siti Nur. 2008. Pengaruh cara belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi materi akuntansi siswa kelas XI IPS SMA N 2 Mranggen tahun pelajaran 2008/2009. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.

Djamarah, Syaiful Bahri.2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, Thursan 2002.Belajar Secara Efektif Efektif.Jakarta: Puspa Swara.

Khafid, Muhammad dan Suroso.2007.”Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Ekonomi”. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol.2No.2,Juli 2007:185-204

Sejatiningsih, Rahayu.2009. Pengaruh Lingkungan keluarga, Lingkungan Sekolah, dan Lingkungan masyarakat terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 ProbolinggoJurnal Pendidikan Ekonomi. Universitas Negeri Malang

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta.

Sudjana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Grasindo.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.2003.Semarang: Diperbanyak oleh CV. Aneka Ilmu.