Strategi Pengembangan Produksi dan Pemasaran Usaha Pengolahan Ikan (Fillet)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan langkah yang tepat untuk mengembangkan produksi pengolahan ikan (fillet) dan memasarkan produk yang dihasilkan agar diminati oleh masyarakat Kota Tegal maupun dari daerah lain. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif dan analisis SWOT. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi dan kuesioner (angket). Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan, dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengusaha Ikan Fillet masih kurangnya inovasi dalam membuat produk, jika pengusaha Ikan Fillet tidak mampu untuk berinovasi dalam membuat produk, usaha yang sudah berjalan lama akan tertinggal kemudian usaha Pengolahan Ikan Fillet akan gulung tikar, para pengusaha Ikan Fillet dalam membuat produk tidak menciptakan kesan/citra (image) merek kuat dibandingkan dengan produk lain yang sejenis, pemasaran produk Ikan Fillet belum menggunakan media (brosur, pamflet, online), karena memiliki mitra kerja yang bersal dari Jakarta, Bandung, Palembang, Medan, dan Lampung. Saran yang dapat diberikan yaitu pengusaha Pengolahan Ikan (fillet) memanfaatkan media internet untuk memperbaiki dan meningkatkan sistem manajemen keuangan perusahaan dengan mengadopsi laporan keuangan akuntansi menggunakan komputer/laptop agar lebih mudah mengecek laporan keuangan dari tahun sebelumnya, lebih aktif lagi dalam mempromosikan produk olahan fillet ikan dengan mengikuti event, expo, dan mengadakan studi banding ke daerah penghasil ikan tangkap di luar Kota Tegal.