LINGKUNGAN TEMAN SEBAYAMEMODERASI PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI, DISIPLIN BELAJAR, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara penggunaan teknologi informasi, disiplin belajar, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi akademik ditinjau dari lingkungan teman sebaya sebagai variabel moderasi. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2015 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang yang berjumlah 154 mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan data penelitian menggunakan teknik dokumenter dan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan teknologi informasi tidak berpengaruh positif terhadap prestasi akademik karena memiliki koefisien regresi negatif sebesar -0,025 (2) disiplin belajar tidak berpengaruh positif terhadap prestasi akademik (3) motivasi berprestasi berpengaruh positif terhadap prestasi akademik, (4) lingkungan teman sebaya memoderasi secara signifikan pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap prestasi akademik, (5) lingkungan teman sebaya tidak memoderasi secara signifikan pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi akademik, (6) lingkungan teman sebaya memoderasi secara signifikan pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi akademik. Saran dari penelitian ini adalah mahasiswa diharapkan memiliki motivasi berprestasi yang tinggi dan lebih selektif dalam memilih lingkungan teman sebaya dikarenakan keberadaan lingkungan teman sebaya dapat memberikan pengaruh terhadap prestasi akademik yang diraih.
This research aimed to test is there any influence betweeninformation technology usage, learning discipline, and Achievement Motivation on Academic Achievement Viewed from Peer Environment as Moderation Variable. The Population in this study is all students of Accounting Education 2015 Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang, as much as 154 students.Kind of this research is quantitative. Data collection technique use documentary and questionnaire.Data analysis technique used is descriptive analysis and inferential analysis. The result shows that (1) the use of information technology has no positive effect on students’ academic achievement because it has a negative regression coefficient of -0.015, (2) learning discipline has no positive effect on students’ achievement,(3) achievement motivation has positive effect on students’ achievement, (4) peer environment significantly moderates the effect of using information technology on students’ academic achievement, (5) peer environment does not significantly moderate the effect of learning discipline on students’ academic achievement, and (6) peer environment significantly moderates the effect of achievement motivation on students’ academic achievement. Suggestion from this research is student expected to have high achievement motivation and more selective in choosing peer environment because of existence of peer environment can influence to achievement of academic achievement.