PERAN EFIKASI DIRI MEMEDIASI PENGARUH KOMPETENSI AKUNTANSI, LINGKUNGAN, DAN BKK TERHADAP MINAT KE PERGURUAN TINGGI
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi akuntansi, lingkungan sosial, BKK, dan efikasi diri terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi siswa SMK secara parsial. Selanjutnya mengetahui pengaruh kompetensi akuntansi, lingkungan sosial, BKK melalui efikasi diri sebagai variabel mediasi terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Populasi penelitian ini adalah seluruh seluruh siswa kelas XII Kompetensi Keahliah Akuntansi SMK Negeri se-Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 sejumlah 348 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelian berjumlah 186 siswa menggunakan perhitungan Slovin yang diambil dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi akuntansi, lingkungan sosial, dan efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi, sedangkan BKK berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Berdasarkan hasil uji sobel, efikasi diri dapat memediasi pengaruh kompetensi akuntansi, lingkungan sosial, dan BKK terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi
The purpose of this research is to find the influence of accounting competence, social environment, BKK, and self-efficacy to the interest in continuing to colleges of SMK students partially. Then, whether or not there is an influence on the accounting competence, social environment, and BKK through self-efficacy as a variable of mediation to the interest in continuing to college. The population of this study is all twelve grade competence of accounting students of SMK Negeri in Tegal regency in the academic year of 2017/2018 in the number of 348 students. The sample used is 186 students which are taken by using Slovin formula that is proportional random sampling technique. The method for collecting the data is questionnaires. In addition, the data analysis methods used in this research are descriptive analysis and regression analysis. The result of this study shows that the accounting competence, social environment, and self-efficacy have positive and significant effect on the interest in continuing to colleges, while BKK has negative and significant effect on the interest in continuing to colleges. Based on the result of the sobel test, self-efficacy can mediate the effect of accounting competence, social environment, and BKK to interest in continuing education to higher education.