PENGARUH INSTRUMENTAL INPUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas buku teks, metode pembelajaran, kompetensi profesional, dan ketersediaan sarana prasarana pembelajaran terhadap hasil belajar siswa.Populasi pada penelitian ini adalah guru akuntansi di SMK Bisnis dan Manajemen se-Kabupaten Kebumen dengan jumlah responden sebanyak 88 guru. Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa, dengan variabel bebas meliputi kualitas buku teks, metode pembelajaran, kompetensi profesional, dan ketersediaan sarana prasarana pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau koesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan secara bersama-sama kualitas buku teks, metode pembelajaran, kompetensi profesional, dan ketersediaan sarana prasarana pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 72,5%. Kualitas buku teks berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 17,39%, kompetensi profesional berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 6,66%, dan ketersediaan sarana prasarana pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 6,35%. Sedangkan metode pembelajaran tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.Saran yang dapat diberikan yaitu guru hendaknya dapat memilih buku teks yang memuat materi sesuai teori dan perkembangan terbaru dan memuat contoh kasus aktual. Memastikan uraian, contoh, dan latihan yang ada dalam buku teks mampu mendorong siswa untuk mencari tahu lebih lanjut tentang materi yang disajikan. Selain itu, dengan pesatnya perkembangan teknologi guru hendaknya menguasai dan dapat memanfaatkan teknonogi informasi dan komunikasi untuk menunjang pembelajaran yang ia laksanakan.
This study aims to determine the effect of textbook quality, learning methods, professional competence, and the availability of learning infrastructure facilities on student learning outcome.The population in this study is the accounting teacher in SMK Business and Management as Kebumen District as much as 88 teachers. The dependent variable in this study is the learning performance, with independent variables including textbook quality, learning methods, professional competence, and the availability of learning infrastructure facilities. Data collection techniques using questionnaires. Data analysis techniques used are descriptive analysis and inferential analysis. The results showed that textbook quality, learning method, professional competence, and availability of learning infrastructure have significant effect on the students learning result of 72.5%. The quality of textbooks influences the students learning outcomes by 17.39%, professional competence affects the students learning outcomes of 6.66%, and the availability of learning infrastructure influences on student learning outcomes of 6.35%. While the learning method has no significant effect on student learning outcomes. Suggestions that can be given are teachers should be able to choose a textbook that remains, which contains the material according to the latest theories and developments and contain the actual case examples. Ensuring that the descriptions, examples, and exercises in the textbook encourage students to find out more about the material presented. In addition, with the rapid development of technology teachers should master and can utilize information and communication technology to support the learning that he carried out.