PENGARUH MINAT KEJURUAN, PRAKTIK KERJA INDUSTRI, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KESIAPAN KERJA
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat kejurun, praktik kerja industri, dan efikasi diri terhadap kesiapan kerja baik secara simultan maupun parsial. Populasi dan sampel pada penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas XII SMK N 2 Wonosobo yang berjumlah 443 dengan sampel penelitian sebanyak 82 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan minat kejuruan, praktik kerja industri, dan efikasi diri berpengaruh terhadap kesiapan kerja sebesar 64,2%. Secara parsial minat kejuruan berpengaruh terhadap kesiapan kerja sebesar 14,06%. Praktik kerja industri berpengaruh terhadap kesiapan kerja sebesar 10,69%, dan efikasi diri berpengaruh terhadap kesiapan kerja sebesar 11,49%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa minat kejuruan, praktik kerja industri, dan efikasi diri berpengaruh terhadap kesiapan kerja baik secara simultan maupun parsial. Saran yang diberikan siswa sebaiknya lebih mempersiapkan dirinya untuk memasuki dunia kerja karena semakin tinggi persaingan dalam memasuki dunia kerja. Pihak sekolah supaya memperbaiki kualitas praktik kerja industri agar dapat meningkatkan kesiapan kerja siswa. Pihak guru agar memberikan konseling dan motivasi kepada siswa supaya siswa menjadi semakin yakin dan percaya diri akan kemampuan yang dimiliki sehingga lebih siap ketika dalam memasuki dunia kerja.
The purpose of this study is to determine the influence of vocational interest, industrial work practices, and self-efficacy to the students’ readiness to work either simultaneously or partially. The Population in this research was 443 students of grade XII SMK N 2 Wonosobo and 82 students chosen as the samples. This research is a quantitative research. Data questionnaires was used for collecting the data, while the data analysis techniques used were descriptive statistical analysis and multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that simultaneously vocational interest, industrial work practices, and self-efficacy affect students’ work readiness amounted to 64.2%. Partially, vocational interest affected work readiness amounted to 14.06%, industrial work practices affected work readiness amounted to 10.69%, and self-efficacy affected work readiness amounted to 11.49%. Based on the results of the research, it can be concluded that vocational interest, industrial work practice, and self-efficacy have an effect on work readiness either simultaneously or partially. Suggestions addressed to the students is they should prepare themselves to embrace higher competition atmospheres in workplaces. Then the school should improve the quality of industrial work practices in order to improve student’s work readiness. The Teachers also need to provide counseling and motivation for students so that the students become more confident and they will be more ready in facing the world of work.