PENGARUH DISIPLIN, FASILITAS, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KECEPATAN MENGETIK MANUAL
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh disiplin, fasilitas, dan motivasi belajar terhadap kecepatan mengetik manual pada siswa kelaas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Slawi tahun pelajaran 2017-2018. Jumlah populasi yang ada sebanyak 131 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 131 siswa dari seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Variabel dependen yaitu disiplin, fasilitas, dan motivasi belajar, serta kecepatan mengetik manual sebagai variabel independen. Hasil Penelitian menunjukan terdapat pengaruh disiplin, fasilitas, dan motivasi belajar terhadap kecepatan mengetik manual dalam belajar siswa simultan maupun parsial. Saran yang diberikan untuk meningkatkan kecepatan mengetik manual, Diharapkan siswa kelas X Administrasi Perkanotan dapat terus meningkatkan disiplin, fasilitas, motivasi belajar sehingga tidak hanya akan meningkatkan hasil belajar siswa namun juga kecepatan mengetik manual siswa akan menjadi lebih baik dan siswa akan terbiasa belajar dengan baik.
This reseach purpose to determine there influence of discipline, facilities, and motivation to learn the speed of manual typing on students fate X Program Office Administration SMK Negeri 1 Slawi academic year 2017-2018. The total population is 131 students and the sample used is 131 students from all students of X class of Office Administration. Methods of data collection using questionnaires. Data analysis techniques used are descriptive statistical analysis and multiple regression analysis. The dependent variable is discipline, facility, and learning motivation, and manual typing speed as independent variable. The result of research shows that there is influence of discipline, facilities, and learning motivation on manual typing speed in simultaneous and partial student learning. Suggestions given to increase the speed of manual typing, It is expected that students of class X of Office Administration can continuously improve discipline, facilities, learning motivation so that not only will improve student learning result but also speed typing manual student will become better and student will accustomed to study well.