PENGARUH PRAKERIN, STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KESIAPAN KERJA.
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara simultan maupun parsial antara pengalaman praktik kerja industri, status sosial ekonomi keluarga, dan efikasi diri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Kudus tahun ajaran 2017/2018.Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Kudus tahun ajaran 2017/2018 sejumlah 550 siswa, dan sampel dalam penelitian ini sebesar 85 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan praktik kerja industri, status sosial ekonomi keluarga, dan efikasi diri berpengaruh terhadap kesiapan kerja sebesar 66,6%. Secara parsial praktik kerja industri berpengaruh terhadap kesiapan kerja sebesar 6,15%. Status sosial ekonomi keluarga berpengaruh terhadap kesiapan kerja sebesar 30,36%. Efikasi diri berpengaruh terhadap kesiapan kerja sebesar 27,79%.Bedasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa praktik kerja industri, status sosial ekonomi keluarga, dan efikasi diri berpengaruh terhadap kesiapan kerja baik secara simultan maupun parsial. Saran yang diberikan kepada siswa hendaknya siswa lebih memanfaatkan program praktik kerja industri agar lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia, status sosial ekonomi keluarga dijadikan pertimbangan untuk menentukan karir kedepanya, dan percaya dengan kemampuan diri sendiri agar siswa yakin dapat menyelesaikan suatu persoalan dan membuat siswa siap untuk menghadapi dunia kerja.
The purpose of this study is to determine whether there is simultaneously or partially influence between the experience of industrial work practices, social status of family economic, and self-efficacy against the readiness of class XII students in SMK Negeri 1 Kudus in academic year 2017/2018. The population of this study is all the students of class XII a number of 550 students, and the samples in this study is about 85 students. The results of this study indicate that industrial work practices simultaneously, social status of family economic, and self-efficacy affect work readiness for about 66.6%. Partially industrial work practices affect work readiness for about 6.15%. The social status of family economic affects the the work readiness for about 30.36%. Self-efficacy affects the work readiness of 27.79%. Based the result of the research, it can be concluded that industrial work practice, social status of family economic, and self-efficacy influence to the work readiness either simultaneously or partially. The suggestions given to the social status of family economic is taken into consideration to determine their career in the future, believe in their own ability so that students are able to solve problem and make students ready to face the work field.