ANALISIS KEMAMPUAN GURU EKONOMI SMA DALAM MENGANALISIS KUALITAS SOAL SE-SMA NEGERI

Main Article Content

Nur Ika Hidayah
Hengky Pramusinto

Abstract

Guru profesional dituntut untuk memiliki beberapa kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Salah satu indikator dalam kompetensi pedagogik yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah kemampuan dalam menilai hasil belajar siswa. Kemampuan guru ekonomi SMA Negeri Kota Semarang dalam menganalisis kualitas soal ujian masih rendah yaitu hanya 19,6% memahami tentang kualitas soal.Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan guru ekonomi SMA Negeri di Kota Semarang dalam analisis kualitas soal yaitu mengenai, validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh soal. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu menggunakan seluruh anggota populasi, yaitu sebanyak 52 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru ekonomi SMA negeri di kota semarang dalam menganalisis kualitas soal tergolong buruk, yang ditunjukkan dari buruknya kemapuan guru dalam validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan efektivitas pengecoh soal.Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru ekonomi SMA Negeri di Kota Semarang dalam menganalisis kualitas soal tergolong buruk. Saran untuk guru adalah meningkatkan kemampuan dalam menganalisis kualitas soal.


 


Professional teachers are required to have some competencies: pedagogic, personality, social, and professional.One indicator of pedagogic competence that a teacher must possess is the ability to assess student learning outcomes.The ability of economics teacher in analyzing the quality of test items is still low, that is only 19.6% who understand about the quality of test items.The purpose of this study is to obtain an overview of the economics teachers’ ability in the state senior high school of semarang in analyzing the quality of test items about the validity, reliability, difficulty, discriminatory power, and effectiveness of distractors. Sampling technique was used where the sample determination using all members, there were 52 respondents. Technique of collecting data used was test. Descriptive quantitative was used as method of data analysis.The result of the study shows that the economics teachers’ ability in the state senior high school of semarang in analyzing the quality of test items is bad.The conclusion of this study indicates the economics teachers’ ability in the state senior high school of semarang in analyzing the quality of test items classified as bad.Suggestions for teacherscan have better understanding in analyzing the quality of test items

Article Details

How to Cite
Hidayah, N., & Pramusinto, H. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN GURU EKONOMI SMA DALAM MENGANALISIS KUALITAS SOAL SE-SMA NEGERI. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 706-726. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/28285
Section
Articles