PENGARUH PEMAHAMAN KURIKULUM, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, SARANA DAN PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU

Main Article Content

Sigma Adha Astianto
Ade Rustiana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh pemahaman kurikulum, kepemimpinan kepala sekolah, sarana dan prasarana terhadap kinerja guru di MTs N Pamotan Kabupaten Rembang. Lokasi penelitian di MTs N Pamotan, Kabupaten Rembang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemahaman Kurikulum, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Sarana dan Prasarana berpengaruh positif terhadap Motivasi Kerja Guru di MTs N Pamotan Kabupaten Rembang. 1) Pemahaman Kurikulum berpengaruh sebesar 0.011 terhadap Motivasi Kerja Guru di MTS N Pamotan Kabupaten Rembang, 2) Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh sebesar 0.015 terhadap Motivasi Kerja Gurudi MTs N Pamotan Kabupaten Rembang., 3) Sarana dan Prasarana berpengaruh sebesar 0.004 terhadap Motivasi Kerja Gurudi MTs N Pamotan Kabupaten Rembang., 4) Fakor yang paling besar dalam mempengaruhi Motivasi Kerja Guru di MTs N Pamotan Kabupaten Rembang yaitu faktor Kepemimpinan Kepala Sekolah. Gaya kepemimpinan kepala sekolah dianggap lebih sesuai dalam meningkatkan motivasi kerja para guru di MTs N Pamotan Kabupaten Rembang.


 


The purpose of this study is to describe and analyze the influence of curriculum understanding, principal leadership, facilities and infrastructure on teacher performance in MTs N Pamotan, Rembang District. Research location at MTs N Pamotan, Rembang District. The method used is quantitative. Data collection techniques used were questionnaires and documentation. Data processing techniques used SPSS. The results showed that Curriculum Understanding, Principal Leadership, Facilities and Infrastructure have a positive effect on Teacher Work Motivation in MtsN Pamotan Rembang District. 1) Understanding Curriculum influenced by 0.011 to Teacher Work Motivation, 2) Leadership Principal influence of 0.015 to Teacher Work Motivation, 3) Facility and Infrastructure effect of 0.004 to Teacher Work Motivation, 4) The greatest faculty in influencing Teacher Work Motivation in MTs N Pamotan Rembang District is Principal Leadership Factor. Principal leadership style is considered more appropriate in improving the work motivation of teachers in MTs N Pamotan Rembang District.

Article Details

How to Cite
Astianto, S., & Rustiana, A. (2019). PENGARUH PEMAHAMAN KURIKULUM, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, SARANA DAN PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 744-760. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/28288
Section
Articles