INDUSTRI SEBUTRET INDONESIA DALAM PENGEMBANGAN USAHA

Main Article Content

Eli Rohmawati
Kardoyo Kardoyo

Abstract

Strategi pengembangan merupakan rencana menyeluruh dan terpadu mengenai upaya-upaya suatu industri yang diperlukan untuk mengembangkan usahanya dalam rangka mencapai tujuan industri secara efekstif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan yang diterapkan oleh usaha industri Sebutret Indonesia melalui aspek produksi, pemasaran dan sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Dengan informan pemilik, tenaga kerja dan tenaga marketing Sebutret Indonesia. Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik miles and huberman. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa  usaha  industri  Sebutret  Indonesia  dalam  mengembangkan usahanya melalui: (1) Aspek produksi melalui menjalin kerjasama dibidang bahan baku, alat-alat produksi hasil rekayasa sendiri, menganekaragamkan produk; (2) Aspek Pemasaran melalui mengoptimalkan saluran pemasaran yaitu saluran komunikasi melalui media sosial, media cetak (brosur) dan kegiatan pameran, saluran distribusi melalui pedagang grosir dan eceran baik pembelian secara langsung maupun online, saluran layanan yaitu memberikan layanan jasa antar produk dan pembayaran secara transfer; (3) Aspek sumber daya manusia (SDM) melalui kegiatan pelatihan baik dari pihak internal maupun dari dinas terkait dan lembaga pendidikan non-formal yaitu PKBM An-nur. Dengan strategi pengembangan tersebut industri Sebutret Indonesia dapat mengoptimalkan kekuatan dan mengatasi hambatan sehingga industry Sebutret Indonesia dapat berjalan baik dan berkualitas.


 


Development strategy is a comprehensive an integrated plan of the efforts of industry needed to develop its business in order to achieve the purpose of industry efficiently. The purpose of this research is to know the development strategi applied by the business of the Sebutret Indonesia industry through the aspect of production, marketing, and human resources. This research use qualitative research method of case study. With informant owners, labor, and marketing labor of Sebutret Indonesia. Data validity uses data triangulation. Data analysis techniques using miles and huberman techniques.The result of research is the business of Sebutret Indonesia industry im developing its business through: (1) Production aspect through cooperation in the field of raw materials, production equipment engineering own results, and diversifikasi product; (2) Marketing aspect through optimizing marketing channel that is comumunication channel tnrough social media, brochure and exhibition activity, distribution channel through wholesaler and retail either purchase directly or online, service channel that is giving service between product and payment transfer; (3) Human resource development through training activities both from internal parties and related offices and non-formal education institutions namely PKBM An- Nur. With the development strategy of the industry Sebutret Indonesia can optimize the strength and overcome barriers so that industry of Sebutret Indonesia can run well and quality

Article Details

How to Cite
Rohmawati, E., & Kardoyo, K. (2019). INDUSTRI SEBUTRET INDONESIA DALAM PENGEMBANGAN USAHA. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 777-791. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/28290
Section
Articles