PENGARUH KEPRIBADIAN, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA
Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan ingin mengetahui apakah kepribadian, pendidikan kewirausahaan, dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI kompetensi keahlian akuntansi SMK N 1 Demak tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI kompetensi keahlian akuntansi SMK N 1 Demak tahun 2018 yang berjumlah 110 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengambilan data menggunakan angket/kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah kepribadian, pendidikan kewirausahaan, dan lingkungan berpengaruh signifikan secara simultan. Kepribadian secara parsial berpengaruh signifikan, pendidikan kewirausahaan secara parsial berpengaruh signifikan, dan lingkungan keluarga secara parsial berpengaruh signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kepribadian, pendidikan kewirausahaan, dan lingkungan keluarga berpengaruh signifikan baik secara simultan maupun secara parsial. Saran penelitian ini adalah agar guru meningkatkan kualitas pendidikan kewirausahaan yang diterima oleh siswa serta keluarga berperan dalam memberikan pengetahuan dan keterampilan berwirausaha.
This research aims to test whether there is influence between personality, entrepreneurship education, and family environment to entrepreneurial interest are the students of class XI of accountary in SMK N 1 Demak at 2018. This type of research is quantitative research. Population and sample of this research are the student student of class XI of accountary in SMK N 1 Demak at 2018 which the number is to 110 student. The technique of collecting data is using quesioner. Data analysis technique usd is descriptive statistical analysis and multiple regression analysis. The result of this research is to indicate thar personality, entrepreneurship education, and family environment simultaneously giving a significant influence to the entrepreneurship interest. Partially, personality has a significant effect on the entrepreneurship interest. Entrepreneurship education is partially significant towards the interest in entrepreneurship. Family environment significantly affects entrepreneurship interest. Conclusion of this research is that personality, entrepreneurship education, and family environment have a significant effect on entrepreneurship interest either simultaneously or partially. The suggestion of this research is that the teacher to improve the quality of entrepreneurship education received by the student as well as the family environment in giving knowledge and entrepreneurship skill.