PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, KEPRIBADIAN, DAN MOTIVASI, TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERATING
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, pengetahuan kewirausahaan, kepribadian dan motivasi terhadap minat berwirausaha yang dimoderasi oleh variabel self efficacy pada siswa kelas XI program keahlian Akuntansi SMK swasta se-Kabupaten Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian Akuntansi SMK swasta se-Kabupaten Pekalongan sebanyak 424 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 206 siswa dari SMK Muhammadiyah Bligo, SMK NU Kesesi, dan SMK Ma’arif NU Kajen dengan pengambilan sampel menggunakan proportional cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis variabel moderasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga (X1) & motivasi (X4) terhadap minat berwirausaha. Sedangkan variabel pengetahuan kewirausahaan (X2) dan kepribadian (X3) terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat berwirausaha. Self efficacy memoderasi secara signifikan pengaruh lingkungan keluarga (X5), pengetahuan kewirausahaan (X6), dan kepribadian (X7) terhadap minat berwirausaha. Sedangkan untuk variabel motivasi (X8), self efficacy tidak memoderasi secara signifikan pengaruh motivasi terhadap minat berwirausaha siswa.
The purpose of this research is to determine the influence of family environment, entrepreneurship knowledge, personality and motivation to entrepreneurship interest that moderated by self efficacy variable in students of class XI Accounting expertise of private SMK in Pekalongan Regency. The population of the research is the students of class XI Accounting expertise of private SMK in Pekalongan Regency as much as 424 students. The samples used were 206 students from SMK Muhammadiyah Bligo, SMK NU Kesesi, and Ma'arif NU Kajen SMK with technique of the taking using proportional cluster random sampling. Technique of data collection using questionnaires. The analysis technique used descriptive statistical analysis and moderated regression analysis (MRA).The results of this study indicate that there are positive and significant influence of family environment (X1) & motivation (X4) on entrepreneurship interest. While the variables of entrepreneurship knowledge (X2) and personality (X3) there is a negative and insignificant influence on entrepreneurship interest. Self efficacy moderates significantly the influence of the family environment (X5), entrepreneurial knowledge (X6), and personality (X7) on entrepreneurial interests. As for the motivation variable (X8), self efficacy does not moderate significantly influence of motivation to student entrepreneur interest.