PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL GURU DAN FASILITAS KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MOTIVASI BELAJAR
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan instruksional guru dan fasilitas kelas terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Muahmmadiyah 1 Pati yang berjumlah 48 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar dan kepemimpinan instruksional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Fasilitas kelas tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Kepemimpinan instruksional guru dan fasilitas kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Kepemimpinan instruksional guru dan fasilitas kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar. Saran dari penelitian ini adalah guru harus memiliki kepemimpinan instruksional dalam mengelola pembelajaran di kelas dengan cara meningkatkan keterampilan mengajar. Didukung dengan fasilitas kelas yang ada seperti memanfaatkan media pengajaran sehingga pembelajaran lebih menarik. Motivasi siswa dalam belajar juga akan meningkat dan prestasi belajar yang optimal diharapkan dapat tercapai.
This study aims to analyze the effect of teacher instructional leadershipand class facilities on learning achievement through learning motivation. The population of this study was students of class X IPS SMA Muhammadiyah 1 Pati as many as 48 students. The sampling methodused saturated sampling. Data collection techniques in this study usedquestionnairesand documentation. Data analysis method used descriptive analysis and path analysis. The study results show that learning motivation and teacher instructional leadership have a positive and significant effect to learning achievement. Class facilities don’t have a significant effect to learning achievement. Teacher instructional leadership and class facilities have a positive and significant effect to learning motivation. Teacher instructional leadership and class facilities have a positive and significant effect to learning achievement through learning motivation. The suggestions of this study are the teachers should have instructional leadership in managing of classroom and improving teaching skills. They also should by support class facilities such as teaching media so that teaching and learning will be more interesting. Then, the students’ motivation will increase. Finally, the optimal learning achievement can be achieved.