PELAKSANAAN PENGELOLAAN KEARSIPAN UNTUK MENUNJANG AKUNTABILITAS SEKOLAH
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengeolaan arsip untuk menunjang akuntabilitas sekolah, hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan pengelolaan arsip untuk menunjang akuntabilitas sekolah, dan upaya dalam mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pengelolaan arsip untuk menunjang akuntabilitas sekolah di SMK Negeri 1 Kudus. Sumber data penelitian diperoleh dari 11 informan terdiri dari Kepala Sekolah, Wakasek, K3, Kepala Tata Usaha, Petugas Arsip, Guru, dan Pegawai Tata Usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Teknik penentuan informan menggunakan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur penelitian ini meliputi tahap pra-lapangan, pelaksanaan lapangan, dan analisis data. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu mengetahui bahwa pengelolaan arsip meliputi kegiatan penciptaan, penyimpanan, penggunaan, pemeliharaan, dan penyusutan arsip. Pelaksanaan pengelolaan arsip ditemukan tidak adanya kegiatan pencatatan arsip pada setiap penciptaan dan penggunaan arsip, sehingga arsip sulit untuk diidentifikasi, kemungkingan terjadi pendempulan data, dan arsip sulit ditemukan kembali. Hambatan-hambatan yang dalam pelaksanaan pengelolaan arsip yaitu instansi terkait belum mempunyai ruangan dan petugas khusus di bidang kearsipan. Upaya yang telah dilakukan dalam mengurangi hambatan tersebut yaitu pendelegasian siswa jurusan Administrasi Perkantoran dan memberikan pelatihan kepada pegawai Tata Usaha terkait menata arsip sekolah.
This study aims to see the process of record management to support the school-accountability, to know about the constraints in implementation of record management to support the school-accountability, and the efforts to overcome any contraints in implementation of the record management to support the school-accountability. This research using qualitative study. The data research obtained form informats namely Principal, Vice Principal, K3, Head of Administration, Officers Archives, Teachers, and Administrative Staff. The techniques of data collection using observation, interviews, and documentation. The procedure of this research include pre-field stage, field implementation stage, and data analysis phase. Data analysis using a data collection, data reduction, presentation, and conclusion. The result of this study is knowing that the management of record includes the creation activities, storage activities, use activities, maintenance activities, and depreciation activities. In the managment of record is not using a registration record on every creation and use of record, so the record was difficult to identify. The constraints in the implementation of the record management have no room and special officers in the record. The efforts in reducing the constraints was the delegation of students majoring in Office Administration and provide training to administrative staff to manage the school-record.