DIMENSI DIAMOND FRAUD DAN PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP ACADEMIC FRAUD DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh dimensi diamond fraud dan penggunaan smartphone terhadap kecurangan akademik dengan religiusitas sebagai variabel moderasi pada siswa Akuntansi SMK Negeri 1 Demak. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI SMK Negeri 1 Demak yang berjumlah 218. Sempel penelitian 135 siswa yang diambil menggunakan proportionate random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan tekanan akademik (10,8%), kesempatan (16,3%), rasionalisasi (5,3%), kemampuan (20,07%), penggunaan smartphone (0,14%) terhadap kecurangan akademik. Hasil penelitian lainya yaitu religiusitas tidak mampu memoderasi secara signifikan pengaruh tekanan, kesempatan, kemampuan, dan penggunaan smartphone terhadap kecurangan akademik. Religiusitas mampu memoderasi secara signifikan pengaruh rasionalisasi terhadap kecurangan akademik. Saran dari penelitian ini agar pihak sekolahan, siswa, dan keluarga bersama-sama bersinergi untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan religiusitas siswa, sehingga perilaku kecurangan akademik dapat diminimalisir.