PENGARUH INTERNAL LOCUS OF CONTROL, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PRESTASI AKADEMIK TERHADAP KESIAPAN BEKERJA DI LUAR PROFESI GURU MELALUI KEMATANGAN KARIER
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran langsung internal locus of control, lingkungan keluarga, prestasi akademik dan kematangan karier akuntansi terhadap kesiapan mahasiswa Pendidikan Akuntansi untuk bekerja di luar profesi guru serta peran tidak langsung internal locus of control, lingkungan keluarga, dan prestasi akademik terhadap kesiapan mahasiswa Pendidikan Akuntansi untuk bekerja di luar profesi guru melalui kematangan karier akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 164 mahasiswa aktif Pendidikan Akuntansi 2014. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukan internal locus of control, prestasi akademik dan kematangan karier akuntansi berpengaruh terhadap kesiapan makasiswa Pendidikan Akuntansi untuk bekerja di luar profesi guru, sedangkan lingkungan keluarga tidak berpengaruh terhadap kesiapan makasiswa Pendidikan Akuntansi untuk bekerja di luar profesi guru. Internal locus of control dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap kematangan karier akuntansi, sedangkan prestasi akademik tidak berpengaruh terhadap kematangan karier akuntansi. Hasil pengaruh mediasi menunjukkan internal locus of control berpengaruh terhadap kesiapan makasiswa Pendidikan Akuntansi untuk bekerja di luar profesi guru melalui kematangan karier akuntansi, namun lingkungan keluarga dan prestasi aademik tidak berpengaruh terhadap kesiapan makasiswa Pendidikan Akuntansi untuk bekerja di luar profesi guru melalui kematangan karier akuntansi.