ANALISIS KOMPETENSI GLOBAL CALON GURU EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Kompetensi global menjadi penting dalam memberikan jaminan mutu bagi calon guru. Kompetensi global apabila dimiliki akan mendorong untuk siap menghadapi dunia global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi komunikasi internasional, kompetensi apresiasi keragaman budaya, kompetensi kemampuan berbahasa asing dan kompetensi keterampilan berkompetisi calon guru ekonomi IUP dan Non IUP. Metode penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kompetensi komunikasi internasional diperoleh signifikansi 0,003, sehingga H1 diterima. Kompetensi apresiasi keragaman budaya diperoleh signifikansi 0,681, sehingga H1 ditolak. Kompetensi kemampuan berbahasa asing diperoleh signifikansi 0,000, sehingga H1 diterima. Kompetensi keterampilan berkompetisi diperoleh signifikansi 0, 015, sehingga H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan penelitian ini terdapat perbedaan kompetensi komunikasi internasional, kompetensi kemampuan berbahasa asing, kompetensi keterampilan berkompetisi, dan tidak ada perbedaan kompetensi apresiasi keragaman budaya antara calon guru ekonomi IUP dan Non IUP. Hal ini dapat diartikan bahwa dengan kompetensi global menghasilkan lulusan-lulusan yang siap menghadapi tantangan global, mendorong kualitas dan reputasi perguruan tinggi untuk menjadi lebih baik.