PENGARUH MOTIVASI ANGGOTA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP PERILAKU BERKOPERASI ANGGOTA KOPERASI MAHASISWA
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh motivasi anggota dan kualitas layanan terhadap perilaku berkoperasi anggota Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Populasi penelitian ini adalah anggota Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang, dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 73 responden. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu variabel motivasi anggota (X1), variabel kualitas layanan (X2) dan variabel perilaku berkoperasi (Y). Metode pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase, uji asumsi klasik, pengujian hipotesis, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara motivasi anggota dan kualitas layanan terhadap perilaku berkoperasi anggota sebesar 48%. Secara parsial motivasi anggota berpengaruh terhadap perilaku berkoperasi anggota sebesar 20,4% dan kualitas layanan berpengaruh terhadap perilaku berkoperasi anggota sebesar 6,3%. Simpulan dalam penelitian ini adalah motivasi anggota dan kualitas layanan berpengaruh terhadap perilaku berkoperasi anggota Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang.