PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI BELANJA ONLINE PESERTA DIDIK
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan teman sebaya terhadap perilaku konsumsi belanja online peserta didik kelas X dan XI SMA Negeri 8 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X dan XI SMA N 8 Semarang, kemudian diambil jumlah sampel menggunakan sampel kuota berjumlah 100 peserta didik yang pernah belanja online dengan cara accidental. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metodeanalisis data yang digunakan adalahanalisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan status sosial ekonomi orang tua dan teman sebaya secara bersama-sama mempengaruhi perilaku konsumsi belanja online (33,8%). Dengan rincian, status sosial ekonomi orang tua mempengaruhi (14,5%), sementara teman sebaya mempengaruhi (15,3%).Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan teman sebaya terhadap perilaku konsumsi belanja online. Saran dari penelitian ini adalah peserta didik mampu mengontrol konsumsi belanja online agar tidak berlebihan dengan membuat skala prioritas.