PENGARUH KEPRIBADIAN, LINGKUNGAN KELUARGA, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI

Main Article Content

Mila Aristuti
Widiyanto Widiyanto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh kepribadian , lingkungan keluarga, dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi tahun angkatan 2014 Universitas Negeri Semarang. Metode analisis adalah metode kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepribadian, lingkungan keluarga, pendidikan kewirausahaan sebagai variabel independen dan minat berwirausaha sebagai variabel dependen. Objek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi tahun angkatan 2014 Universitas Negeri Semarang dengan populasi 964 mahasiswa. Sampel penelitian berjumlah 283 mahasiswa, dengan rincian 50 mahasiswa Pendidikan Akuntansi, 33 mahasiswa Pendidikan Koperasi, 34 mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran, 65 mahasiswa Akuntansi, 66 mahasiswa Manajemen, dan 35 mahasiswa Ekonomi Pembangunan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kepribadian, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi tahun angkatan 2014 Universitas Negeri Semarang, pengaruhnya sebesar 26,8%. Ada Pengaruh Positif dan Signifikan Secara Parsial Antara Kepribadian terhadapminat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi, pengaruhnya sebesar 7,23%.  Ada pengaruh positif tetapi tidak signifikan secara parsial antara lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi sebesar 0,40%. Ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi, pengaruhnya sebesar 9,42%.

Article Details

How to Cite
Aristuti, M., & Widiyanto, W. (2019). PENGARUH KEPRIBADIAN, LINGKUNGAN KELUARGA, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 273-287. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i1.29775
Section
Articles