PENGARUH KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI PEMBELAJARAN PEMBANGUNAN EKONOMI SMA NEGERI 2 SLAWI

Main Article Content

Agung Febrianto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengelola kelas dan gaya mengajar guru terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI materi pembelajaran pembangunan ekonomi SMA Negeri 2 Slawi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi berjumlah 120 siswa dengan sampel 100 siswa. Metode pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakan deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh keterampilan mengelola kelas dan gaya mengajar guru terhadap keaktifan belajar siswa sebesar 47,5%. Secara parsial keterampilan mengelola kelas berpengaruh sebesar 54,4% dan gaya mengajar guru berpengaruh sebesar 36,6%. Dengan keterampilan mengelola kelas dan gaya mengajar guru yang baik, akan meningkatkan keaktifan belajar siswa.

 

The aim of this research is to know the impacts of classroom management skills and teaching styles of teachers on student activities class learning materials economic development XI SMA Negeri 2 Slawi. This research is quantitative research, with amount of population was 120 students with a sample of 100 students. The data analysis methods were descriptive and multiple linear regression. The data input methods used are questionnaires. The results showed that there is simultaneously classroom management skills and teaching styles of teachers on student activities class of 47.5%. Partially classroom management skills effect of 54.4% and styles teachers teaching effect of 36.6%. With a good classroom management skills and teaching styles of teachers are high, will increase student activities class.

Article Details

How to Cite
Febrianto, A. (2014). PENGARUH KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS DAN GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI MATERI PEMBELAJARAN PEMBANGUNAN EKONOMI SMA NEGERI 2 SLAWI. Economic Education Analysis Journal, 2(3). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/3138
Section
Articles

References

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi analisis multivariate dengan program spss. Semarang: UNDIP.

Idris dan Marno. 2009. Strategi dan metode pengajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Lestari, Niken Ayu. 2010. Pengaruh keterampilan mengajar guru dan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar mata pelajaran menangani penggandaan dokumen kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Tamansiswa Kudus. Skripsi. Semarang: UNNES.

Ratnaningtyas, Yeni. 2009. Pengaruh Variasi Gaya Mengajar dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bulakamba. Skripsi. Semarang: UNNES.

Sudjana, Nana. 1989. Cara belajar siswa aktif dalam proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriyati, Titin. 2009. Pengaruh pengelolaan kelas dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Slawi. Skripsi. Semarang: UNNES.

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi belajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Wahyudi, Ervin Tri. 2010. Pengaruh motivasi belajar siswa dan variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Virgo Fidelis Bawen Tahun 2009/2010. Skripsi. Semarang: UNNES.