STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN METODE CERAMAH BERVARIASI PADA KOMPETENSI DASAR JURNAL KHUSUS SISWA KELAS XII IPS SMA MUHAMMADIYAH 01 PATI
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ada perbedaan hasil belajar siswa dengan penerapan metode TGT dengan ceramah bervariasi dan lebih efektif dibandingkan metode ceramah bervariasi. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang diawali menentukan populasi dan memilih sampel dari populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Muhammadiyah 01 Pati, dan sampel penelitian ini yaitu kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengujian hipotesis pertama dengan uji paired sample t-test menunjukan nilai sig sebesar 0.000, pengujian hipotesis kedua dan ketiga dengan uji independent sample t-test menunjukan nilai sig sebesar 0,023 yang artinya lebih kecil dari level of significant (α) yaitu sebesar 0,05, sehingga terdapat peningkatan hasil belajar, perbedaan hasil belajar dan keefektifan metode TGT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa, menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar dan lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar jurnal khusus.
Â
The purpose of this study was to determine whether the TGT learning methods can improve student learning outcomes, there is a difference in student learning outcomes with the adoption of IGT with lectures varied and more effective than the lecture method varies. This study is a quasi-experimental study that begins to determine the population and selecting a sample of the population. The population in this study were all students of class XII IPS SMA Muhammadiyah 01 Starch, and samples of this study are class XII IPS 1 as the experimental class and the class as a class XII IPS 3 control using simple random sampling technique. The first hypothesis test with paired samples t-test showed sig of 0000, the second and third hypothesis testing with independent sample t-test showed sig test was 0.023, which means less than the level of significant (α) is equal to 0.05, Therefore, there is an increase in learning outcomes, differences in learning outcomes and the effectiveness of the method TGT. The results show that the learning method TGT can improve student learning outcomes, indicate a difference in learning outcomes and more effective in improving student learning outcomes in basic competencies specific journals.
Article Details
References
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Wyk, Michael M Van. 2010. “The Effect of Teams Games Tournament on Achievement, Retention, and Attitudes of Economics Education Studentâ€. Dalam Jurnal School of Social Science, Volume 26 No. 3. Hal 183-193 Bloemfontein: University of the Free State.