PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTREGATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI SURAT ATAU DOKUMEN KANTOR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI AP 2 SMK PALEBON SEMARANG

Main Article Content

Eni Paminingsih

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal diketahui bahwa prestasi belajar siswa pada mengidentifikasi surat atau dokumen kantor kelas XI AP 2 SMK Palebon Semarang masih rendah. Kendala di SMK Palebon Semarang adalah keaktifan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, siswa masih merasa takut dan malu untuk bertanya kalau tidak ada dorongan dari guru, guru masih kurang dalam pengembangan variasi mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 22,14%. Pada siklus I diperoleh aktivitas belajar siswa dengan persentase sekor sebesar 62%. Pada siklus II meningkat menjadi 84,14%. Pada siklus I diperoleh prestasi belajar siswa sebesar 62,50% dengan rata-rata hasil belajar siswa 74,6. Pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 80%  dengan rata-rata hasil belajar siswa 83,8. Kesimpulan penelitian ini adalah ada peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran cooperative intregated reding and composition pada kompetensi dasar mengidentifikasi surat atau dokumen kantor.

Based on the early observation of achievement study interest basing to Identify Letter or Document SMK Palebon Semarang class XI AP 2 was still low. The constraint at SMK Palebon Semarang is the active of student in learning processes is still low, student is still have cold feet and shame to ask if there are no push from the the teacher, the teacher is still less in developmental variation teaching. The research result showed that the students’ activeness in cycle II increased as 22,14%. In the cycle I, the students’ activeness with the score percentage was 62%. In cycle II it improved to 84,14%. In cycle I, the students’ learning achievement reached 62,50% with the average score 76,4. In cycle II, the learning achievement increased to 80% with the average score 84,14. The conclusion is that there was an improvement toward the students’ activeness and learning achievement treated by using cooperative intregated reading and composition model for the Interest Basing to Identify Letter or Document.

Article Details

How to Cite
Paminingsih, E. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTREGATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI SURAT ATAU DOKUMEN KANTOR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI AP 2 SMK PALEBON SEMARANG. Economic Education Analysis Journal, 2(3). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/3140
Section
Articles

References

Rusman. 2010. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Pustaka Publisher