PENGARUH PRESEPSI SISWA TENTANG WAWASAN GLOBAL DAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 12 SEMARANG

Main Article Content

Taufan Amirus Sidiq

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh presepsi siswa tentang wawasan
global dan kreativitas guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi
akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif, dengan sampel sebanyak 95 siswa untuk dijadikan responden
penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Metode
analisis data menggunakan deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian
menunjukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh wawasan global dan kreativitas guru dalam
pembelajaran terhadap hasil belajar sebesar 26,5%. Secara parsial wawasan global guru
berpengaruh sebesar 6,10% dan kreativitas guru dalam pembelajaran berpengaruh sebesar 4,79%.
Dengan wawasan global dan kreativitas guru yang baik, akan meningkatkan hasil belajar.

 

The purpose of this study was to determine the effect of global insight and creativity of teachers in teaching to
the learning outcomes of economic subjects accounting class XI IPS SMA Neg eri 12 Semarang in the academic
year 2012/2013. This research is quantitative, with a population of 124 students, a sample taken 95 students
to serve as research respondents. Data collection methods used are documentation and questionnaires. Methods
of data analysis using descriptive and multiple linear regression. The results showed that there are significant
simultaneous global insight and creativity of teachers in learning to learn is the result of 26.5%. Partially global
insights influential teacher of 6.10% and the creativity of the teacher in the learning effect of 4.79%. With
global insight and creativity of a good teacher, will improve learning outcomes.

Article Details

How to Cite
Sidiq, T. (2014). PENGARUH PRESEPSI SISWA TENTANG WAWASAN GLOBAL DAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 12 SEMARANG. Economic Education Analysis Journal, 2(3). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/3144
Section
Articles

References

Dalyono, M.2007. Psikologi Penidikan. Jakarta: Rineka
Cipta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate
dengan Program SPSS. Semarang: BP UNDIP.

Idrus, Ali. 2009. Manajemen Pendidikan Global.
Jakarta: Gaung Persada.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas
Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto, Ngalim.2009. Ilmu Pendidikan Teoritis dan
Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Septiani, Herdina. 2011. Pengaruh Wawasan Global
Guru dan Kegiatan Ekstra Kurikuler Siswa
Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas
X Program Akuntansi SMK Negeri Wonogiri
Tahun Pelajaran 2010/2011. Semarang:
Universita Negeri Semarang.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung: Alfabeta.

Wahyudi, Edi. 2011. Pengaruh Kreativitas Guru dalam
Pembelajaran dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil
Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII di
SMPN 12 Tampung Hilir Kabupaten Tampung
Hilir Kabupaten Kampar. Lampung: Universitas
Lampung.